Longki: Masa Transisi Darurat, Perlu Validasi Data Pengungsi


Sumber  : humas pemprov

GUBERNUR Longki Djanggola meminta Kepala Dinas (Kadis) Sosial agar secepatnya dapat melakukan validasi data akurat pengungsi bekerja sama dengan pemerintah kota dan kabupaten dan segera dibentuk koordinator serta diorganisir tujuan distribusi bantuan kepada pengungsi. Nantinya koordinator yang mendistribusikan bantuan kepada masyarakat di kamp pengungsian.

Kebutuhan pengungsi yang masuk ke huntara perlu juga dipersiapkan dan dikoordinasikan dengan kementerian, seperti kasur, alat masak serta ketersediaan air bersih sebelum pengungsi masuk huntara. Sedangkan penerimaan dan distribusi bantuan baik di bandara udara dan pelabuhan, maka petugas BPBD dan Tagana akan melakukan fungsi penerimaan bantuan dan distribusinya yang diharapkan langsung ke kabupaten dan kota.

Demikian antara lain poin yang disampaikan gubernur saat memimpin rapat penanganan transisi darurat menuju pemulihan di rujab gubernur, Sabtu (27/10/2018). Sementara Kepala Bandara atas hasil koordinasi dengan TNI AU melaporkan bahwa hari Sabtu kemarin terakhir adanya angkutan pesawat Hercules. Selanjutnya angkutan bantuan sudah berbayar atau lewat pesawat carteran dan untuk menampung bantuan sebelum didistribusikan ke kabupaten/kota tersedia gudang penampungan sementara di bandara. Kepala bandara memfasilitasi petugas pemda yang akan menerima dan mendistribusikannya.

Untuk penanganan di bidang pendidikan dan kesehatan gubernur meminta semua pelayanan dasar sudah berfungsi seperti proses belajar mengajar sudah harus jalan. “Kadis Dikjar disarankan agar memberikan pendampingan pada kabupaten dan kota agar anak-anak masuk sekolah. Kalau belum tersedia ruang kelas, siswa dapat dititip belajar di sekolah terdekat,” pinta Longki.

Dari segi pemulihan ekonomi, Kadis Perindustrian dan Perdagangan, Arif Latjuba menyampaikan bahwa seluruh pasar sudah berjalan normal, demikian juga took-toko sudah buka dan sebagian supermarket sudah berfungsi.

Diharapkan semua sector dapat melakukan assesmen dan validasi data dan perencanaan dalam pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi, seperti infrastruktur pendidikan, kesehatan, jalan, fasum dan fasus, termasuk persiapan hunian tetap (huntap). Rapat tersebut dihadiri Sekda Provinsi, Asisten I dan III, Kepala Bappeda, Kepala BKAD, Kadis Sosial, Kepala BPBD, Kadis Dikjar, Sekretaris Dinas Kesehatan bersama Tim Pendamping Pusat, Kadis Perindag, Kasatpol PP, Kepala Bandar Udara Mutiara SIS Aljufrim dan Karo Humas Protokol.**

Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN