Pelatihan Sistem Perlindungan Anak/ Penuhi Hak Anak sebagai Aset Bangsa


Sumber: Humas Tolitoli

ANAK Merupakan asset utama dalam penyiapan generasi penerus bangsa yang dalam proses tumbuh kembangnya dipengaruhi oleh faktor psikologis, psikis, sosial, ekonomi maupun kultural. Faktor ini menyebabkan tidak terpenuhinya hak anak.

Orang tua, keluarga dan masyarakat bertanggung jawab untuk menjaga dan memelihara hak asasi tersebut sesuai dengan kewajiban yang dibebankan oleh hukum.

“Demikian pula dalam rangka penyelenggaraan perlindungan anak, negara dan pemerintah juga bertanggung jawab untuk menyediakan fasilitas dan aksebilitas bagi anak, terutama dalam menjamin pertumbuhan dan perkembangannya secara optimal,” kata Wakil Bupati (Wabup) Tolitoli, H Abdul Rahman H Budding saat membuka Pelatihan Sistem Perlindungan Anak di Meeting Room Hotel Mitra Utama, Selasa (30/10/2018).

Olehnya itu, pembinaan, pengembangan dan perlindungan anak membutuhkan peran pemangku kepentingan, baik melalui lembaga perlindungan anak, lembaga keagamaan, lembaga swadaya masyarakat, organisasi kemasyarakatan, dan lembaga pendidikan. Selain itu, dukungan Perangkat Daerah terkait terhadap perlindungan anak menjadi posisi penting untuk memastikan anak di Kabupaten Tolitoli terlindung hak asasinya.

“Kami berharap kepada seluruh peserta dan masyarakat Tolitoli agar jangan lalai membimbing dan mengasuh anak untuk menggapai cita-citanya, yang kelak menjadi aset untuk mengharumkan nama keluarga dan daerah tercinta Tolitoli,” pintanya.

Sementara itu, sebelumnya panitia pelaksana, Syafran melaporkan bahwa maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk membangun pemahaman dan komitmen para pemangku kepentingan untuk perlindungan anak di daerah, ditindaklanjuti dengan advokasi dan sosialisasi terkait penguatan sistem perlindungan anak.

Pelatihan ini merupakan kerjasama Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sulawesi Tengah dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Tolitoli.

Nampak hadir perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sulawesi Tengah Nurlaila, S.E, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Tolitoli Lely Husna Bantilan, S.Sos.,MM, Camat Baolan Dahri D. Min'un, SE, sejumlah Kepala Perangkat Daerah terkait,  di antaranya Dinas Sosial, Pengurus Organisasi Perempuan, para Pemateri, Panitia Pelaksana serta jajaran Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Tolitoli.

Pelatihan sistem perlindungan anak di Kabupaten Tolitoli ini diikuti 40 orang peserta yang terdiri dari Perangkat Daerah terkait, Organisasi Wanita, Organisasi Masyarakat, LSM, dan Media Massa.**
Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN