Bantuan Pendidikan Rp28 M untuk Palu

INGAT PENJAGA SEKOLAH & PUSTAKAWAN

-
Reporter: Firmansyah

KEMENTERIAN Pendidikan dan Kebudayaan RI, memberikan bantuan tunai tunjangan khusus (TK) bagi tenaga pendidik kota Palu pasca bencana alam sebanyak 28 Milyar. Hal itu diungkapkan Kepala  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Palu, Ansyar Sutiadi, Senin (26/11/2018) usai kegiatan di kantor DPRD Palu.
‘’Saat ini pencairan dananya sedang berlangsung melalui bank. Adapun tenaga pendidik yang mendapatkan bantuan, seperti kepala sekolah, pengawas, guru ASN maupun honorer yang terdata di data pokok pendidikan, atau Dapodik,’’ jelas Ansyar.

Untuk nominal setiap tenaga pendidik yang mendapat bantuan tunjangan khusus, Ansyar membeberkan bahwa ASN berjumlah Rp. 1.500,000 Tenaga honorer sejumlah Rp. 2.000,000 per tiap bulannya. Dibayarkan tiap triwulan, selama enam bulan kedepan. Mulai dari tingkat TK hingga SMA.

"Masa pencairan dana tunjangan tersebut per Triwulan, selama enam bulan ke depan. Untuk selanjutnya, kami belum mendapatkan informasi dari kementerian. Apakah dana bantuannya diperpanjang lagi untuk enam bulan ke depannya lagi,’’ tambah Ansyar.

Awalnya, bantuan tersebut dialokasikan kepada tenaga pendidik yang terdampak langsung bencana alam. Artinya, mereka mengalami kerugian akibat gempa bumi, tsunami maupun likuifaksi. Namun untuk menghindari adanya polemik sosial di antara tenaga pendidik. Akhirnya penyalurannya merata.

Ansyar juga berharap kepada kepala sekolah yang ada di kota Palu, agar peduli kepada bawahannya yang tidak mendapatkan bantuan tunjangan khusus, seperti pegawai laboratorium, penjaga sekolah dan pustakawan. "Saya berharap kepada kepala sekolah, peduli dengan sesama insan pendidikan yang tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah, di tengah-tengah bencana dan kesedihan ini, " pintanya.

Selain itu, bantuan lainnya yang berasal dari Kemendikbud, kata Ansyar, bukan hanya tunai. Namun juga berbentuk fisik. Seperti dana untuk pembangunan sekolah sementara. Maupun rehabilitasi infrastruktur sekolah yang rusak akibat bencana alam. Serta bantuan peralatan sekolah, seperti seragam, buku tulis dan lain sebagainya.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN