Bappenas Rekomendasikan Pemutihan Kredit

Dampak perekonomian Pasca Gempa Pasigala

Reportase:  Ramdan otoluwa

KEMENTERIAN PPN/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI merekomendasikan pemutihan kredit bagi wilayah-wilayah yang terdampak bencana seperti NTB dan Palu, Sigi dan Donggala. Hal itu terungkap ketika menggelar konsultasi publik rancangan rencana pemulihan dan pembangunan wilayah pascabencana Provinsi Sulawesi Tengah (22/11/2018) di Palu.

Dalam paparannya, Bappenas membahas dampak perekonomian dan arah kebijakan strategi antara lain; pemulihan pendapatan masyarakat dengan penyedian lapangan pekerjaan terkait dengan rehabilitasi dan rekonstruksi wilayah pascabencana.

Kedua; pemulihan aktifitas ekonomi dan fasilitas pendukung; UMKM, IKM dan koperasi (penyuluhan Bimtek, modal usaha) dan pemulihan destinasi wisata. Ketiga; pemulihan sektor keuangan yaitu gedung perbankan, ATM dan pemutihan kredit, peringanan beban kredit, dan keempat; pendampingan komunitas.

Total kerugian ekonomi keempat kabupaten/kota menurut kajian Bappenas yaitu Rp4,21 triliun, dengan prediksi pertumbuhan ekonomi minus 4,49 persen dan jumlah penduduk miskin akan mencapai 15,8 persen.**  

Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN