Belanja APBD Donggal Diproyeksikan Rp1,15 Trilyun

Sidang paripurna DPRD  Donggala Keuangan tentang APBD Donggala Tahun 2019
Reporter/Donggala: Syamsir Hasan

BUPATI Donggala Kasman Lassa menghadiri acara sidang paripurna DPRD Kabupaten Donggala Senin (26/11/2018) diruang sidang utama Kantor DPRD Kabupaten Donggala.

Saat membacakan Pengantar Nota Keuangan tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Donggala Tahun 2019, Kasman Lassa memproyeksikan belanja APBD 2019 sebesar Rp1,15 T, meliputi belanja tidak langsung Rp689,7 M, dan belanja langsung Rp468,2 M. Sedangkan untuk pendapatan APBD 2019 di target Rp1,16 T, dengan pendapatan asli daerah Rp82,6 M, dana perimbangan Rp876,3 M, serta pendapatan lain-lain yang sah sebesar Rp201,4 M.

Kasman menguraikan berdasarkan PP Nomor 58 tahun 2005 tentang pengelolaan keuangan, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 tahun 2006 tentang pedoman pengelolaan keuangan daerah. Sistem pengelolaan keuangan telah berubah, dari berbasis kinerja ke sistem target pencapaian kerja yang meliputi urusan wajib dan urusan pilhan.

“Untuk urusan wajib ditahun 2019 terbagi menjadi beberapa item, seperti urusan wajib pelayanan dasar diproyeksi sebesar Rp274,2 M, urusan wajib bukan pelayanan dasar Rp45,9 M, urusan pilihan Rp54 M,dan urusan pemerintahan fungsi penunjang sebesar Rp93,8 M,” kata Kasman Lassa.

Penyusunan APBD 2019 lanjut dia, merupakan tahun pertama atau periode kedua ia memimpin Donggala. Oehnya kata Kasman, rencana pembangunan satu tahun ke depan mengacu pada kerangka kebijakan publik, belanja dan pembiayaan diselaraskan dengan rencana kerja pemerintah (RKP), dengan rencana kerja pemerintah daearh (RKPD).

“Di tahun 2019 mendatang merupakan tahun yang penuh cita-cita dalam memulihkan kembali perekonomian Donggala dengan melakukan pergerakan menjebol mentalitas sebagai bagian dari prinsip pembangunan Revolusi mental, salah satunya adalah gerakan budaya ayo kerja menyelenggarakan pemerintahan dan pembangunan yang meneyentuh hajat hidup orang banyak,” kata Kasman.

Setelah menyampaikan laporan pengantar keuangan, paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Donggala, Aziz Rauf didampingi wakil ketua II Abd Rasyid menerima laporan bupati, yang kemudian akan dilanjutkan pada pandangan umum fraksi yang diagendakan pada hari ini, Rabu (28/11/2018).

“Agenda pembahasan APBD 2019 akan dilanjutkan kembali hari Rabu dengan agenda pandangan umum fraksi,” tutup Aziz Rauf.**



Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN