BPBD Kota Akan Gelar Simulasi Mitigasi Gempa


Reporter; Firmansyah

GUNA Pemahaman yang memadai tentang mitigasi bencana alam untuk masyarakat,  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Palu akan melaksanakan sosialisasi mitigasi di berbagai tempat di kota Palu. Hal itu diungkapkan Sekertaris BPBD kota, Irsan Sijo (28/11/2018) di sela-sela  kegiatan di kantor DPRD Palu.

‘’Rencananya, dalam waktu dekat  ini, BPBD akan melaksanakan sosialisasi dan simulasi mitigasi, kesiapan-siagaan, atau keselamatan mandiri terkait bencana alam di sekolah, intansi pemerintah, tempat umum yang ada di kota Palu, " katanya.

Selain itu, Irsan membeberkan bahwa BPBD akan melakukan pengadaan atribut untuk jalur evakuasi di setiap titik lokasi bagi masyarakat di kota Palu.  Ditambahkanya, BPBD juga merealisasikan pengadaan alat deteksi likuifaksi senilai Rp400 juta sebanyak dua unit.  ‘’Lokasi pemasanganya akan dilaksanakan di Vatu Tela, Kecamatan Mantikulore. Untuk lokasi berikutnya, masih menunggu kajian dari ahli dari geologi, dalam hal ini adalah  BMKG, " ungkap Irsan.

Disoal terkait anggaran belanja BPBD tahun 2019, Irsan menjelaskan mengalami penurunan. Sebelumnya, di tahun 2018 berjumlah Rp2.27.314.000. Sedangkan 2019 hanya Rp1.889.398.000. ‘’Penganggaran tersebut dilakukan sebelum bencana alam terjadi. Namun, Komisi C DPRD Palu sudah merespon terkait anggaran tersebut. Rencananya, mereka akan mendorong untuk menaikan anggaran BPBD, " akunya.**

Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN