Butuh Strategi Pemulihan Wilayah Pascabencana


Public hearing rancangan rencana induk Pemulihan & Pembangunan Kembali Wilayah Berdampak Pasca Bencana Di Provinsi Sulawesi Tengah
Sumber: Biro humpro sulteng

APA SAJA Langkah-langkah strategis itu untuk mempercepat pemulihan wilayah pascabencana? Berikut yang disampaikan Gubernur Longki Djanggola ketika membuka public hearing rancangan rencana induk Pemulihan & Pembangunan Kembali Wilayah Berdampak Pasca Bencana Di Provinsi Sulawesi Tengah.

Longki mengingatkan bahwa saat ini Pemrov sedang melakukan proses revisi RT/RW provinsi. Namun di sisi lain perlu adanya percepatan pemulihan wilayah pasca bencana. Oleh karena itu, diperlukan langkah-langkah strategis demi mewujudkan hal tersebut. Dengan percepatan penyusunan tata ruang kawasan strategis provinsi (TRKSP) dengan mengacu atas survei dan pengkajian lapangan yang telah dilakukan tim terkait Kawasan Rawan Bencana Palu yang telah dilakukan oleh Tim Bapenas, Goelogi , ESDM dan BMKG.

Pemerintah pusat saat ini sedang dalam  proses penyusunan rancanagan rencana induk pemulihan dan pembangunan wilayah pascabencana Sulteng Tahun 2018. Nantinya, lanjut gubernur akan ditindaklanjuti bersama dalam bentuk penyusunan rencana aksi daerah. Untuk itu, ‘’Melalui publik hearing ini saya berharap peserta forum secara bersama-sama bisa memberikan masukan demi percepatan dan kesempurnaan rancangan rencana induk,’’ harapnya.

Sekretaris tim koordinasi dan asistensi pemulihan dan pembangunan wilayah pasca bencana Sulteng & NTB Dr. Suprayoga Hadi.M.Si mengatakan tim koordinasi dan asistensi melibatkan beberapa Instansi Kementerian, diantaranya BNPB, ATR/BPN, ESDM, PUPR, Badan Informasi Geospasial, dan Kementerian PPN/Bappenas. berdasarkan presentasi yang disampaikan Supryoga, total kerusakan dan Kerugian Pasca Bencana di Sulteng berjumlah Rp 18,48 Triliun diantaranya pada sektor Pemukiman, Infrastukur, Sosial, Ekonomi dan Lintas Sektor.

Konsultasi Publik yang di Gelar di Gedung Biru Dinas Perumahan Pemukiman dan Pertanahan Provinsi Sulawesi Tengah (22/11)  ini di hadiri oleh Kepala Bappeda Sulteng, Kadis PU Bina Marga Sulteng serta Jajaran Pejabat Pemrov lainnya, Para Bupati daerah berdampak Bencana Pasigala, LSM atau pun NGO dan pihak terkait lainnya.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN