Cegah Banjir Bandang, BPBD Gelar Uji Lapang


PENYEMATAN Tanda peserta Uji Lapang Rencana Kontijensi Penanganan Banjir Bandang.foto/kp/bambangsumantri

Reporter/morowali : bambang sumantri

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Morowali menggelar kegiatan uji lapang rencana kontijensi dalam mengatasi ancaman bencana banjir bandang. Kegiatan dilaksanakan di lapangan sepak bola Desa Ipi Kecamatan Bungku Tengah, Kamis (1/11/2018) dihadiri Wakil Bupati Morowali, Najamudin, Dandim 1311/Morowali, Letkol Arh Sabariyandu K Saragih, dan sejumlah pejabat Pemkab Morowali.

Dalam sambutannya saat upacara, Wabup Najamudin menyampaikan bahwa meskipun hanya sifatnya simulasi dan tidak akan terlaksana seratus persen, namun setidaknya sudah ada pengetahuan tentang penanganan awal dalam menghadapi bencana banjir bandang jika terjadi di Kabupaten Morowali nantinya.

"Ini memang hanya uji lapang yang sifatnya simulasi, meskipun nantinya tidak akan terlaksana seratus persen, namun setidaknya jika terjadi bencana banjir bandang di Morowali, kita sudah tau bagaimana penanganan awal dalam menanganinya, jadi saya berharap agar kegiatan ini bisa berjalan dengan baik," jelasnya.

Adapun tim-tim yang terlibat dalam kegiatan simulasi itu adalah tim SAR, Pemadam Kebakaran, Satpol PP, TNI dan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD, dan Pramuka. Usai pelaksanaan upacara, Wakil Bupati Morowali menyematkan tanda peserta kepada dua perwakilan peserta. Sementara, Kepala Pelaksana BPBD Morowali, Nafsahu Salili mengatakan bahwa alasan mengapa Kecamatan Bahodopi dijadikan objek simulasi karena jika terjadi hujan deras dua hari saja, maka bisa terjafi banjir disebabkan banyaknya galian-galian akibat eksploitasi tambang.

Dalam simulasi dilaksanakan tata cara penanganan banjir bandang, baik korban yang terdampak langsung, rapat koordinasi antara pihak terkait, penanganan pengungsi, pembukaan dapur umum dan media center sebagai pusat informasi.**
Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN