ESTIMASI; Pemkot Keluarkan Anggaran Pengungsi Rp34 M


Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kota Palu, Arfan

Reporter: Firmansyah

ANGGARAN Logistik untuk pengungsi korban gempa bumi, tsunami dan likuifaksi di Palu hingga Desember 2018 diestimasi sebesar Rp34 miliar. Hal itu diungkapkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kota, Arfan kala rapat koordinasi penanggulangan bencana alam, Kamis (8/11/2018) di halaman kantor Wali Kota.

Dana tersebut menurut Arfan, akan dialokasikan untuk suplai sejumlah kebutuhan pokok pengungsi dalam kota. Seperti beras, ikan kaleng, ikan asin, mie instan, minyak goreng, gula pasir, teh daan sayur mentah. Pendistribusian logistik tersebut, beber Arfan dilakukan tiap tiga hari. Olehnya diharapkan kepada kepala OPD dan perangkat kelurahan untuk menyikapi hal tersebut. Sehingga tidak ada lagi keluhan maupun masyarakat datang ke kantor Wali Kota untuk meminta logistik.

Ditambahkanya, bahwa stok logistik untuk satu minggu ke depan, berjumlah 120 ton beras, mie instan, air mineral dan biskuit. " Untuk satu minggu ke depan, logistik untuk para pengungsi yang ada di beberapa titik masih tersedia, " kata Arfan.

Hal tersebut juga dibenarkan Sekretaris kota, Asri. Menurutnya, anggaran berjumlah Rp34 miliar itu, berasal dari dana anggaran pergeseran tiap OPD yang tidak  terlaksana di bulan ini. Dialihkan untuk pengadaan logistik bagi warga yang ada di pengungsian. ‘’Setelah itu, Pemkot dalam hal ini Wali Kota akan melaporkanya kepada DPRD. Sesuai Permendagri Nomor 13 tahun 2006, tentang pengolahan keuangan daerah, " jelasnya.**

Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN