Hingga 5 Nopember, 4.442 KORBAN BENCANA di Palu

.

Reporter: Firmansyah

DATA SEMENTARA Korban gempabumi, tsunami dan likuifaksi, per 5 Nopember 2018, dari delapan kecamatan di Palu tercatat berjumlah 4.442 orang. Dengan estimasi meninggal dunia sebanyak 1.626 orang, korban yang hilang sejumlah 2.817 jiwa. Sementara itu, untuk data korban mengalami luka-luka, terbagi dua kategori. Luka berat sebanyak 103 orang dan luka ringan 953 orang.

Wilayah yang terdampak likuifaksi di Palu, atau kehilangan (lenyap) tempat tinggal, berada di dua kelurahan. Yaitu Balaroa sebanyak 1.364 rumah dan Petobo 703 rumah. Data tersebut merupakan rekapitulasi sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Palu, per 5 Nopember 2018 yang dihimpun media ini, usai pelaksanaan rapat koordinasi penanggulangan bencana alam Pemkot Kamis (8/11/2018) di halaman kantor Wali Kota. Hadir pimpinan OPD, lurah dan camat se Kota Palu.

Sekretaris kota (Sekot) Asri, usia rapat koordinasi mengungkapkan bahwa hasil pendataan tersebut merupakan data yang terus bergerak. Artinya tidak tertutup kemungkinan akan bertambah jumlahnya. Karena masih ditemukan sejumlah korban di beberapa titik lokasi bencana gempa, tsunami dan likuifaksi.

"Seperti kemarin masih ditemukan korban tsunami di area pergudang Mamboro dan telah dikebumikan di TPU. Begitu pula di daerah Petobo. Saat pengerjaan lokasi likuifaksi, masih ditemukan korban yang tertimbun material tanah, " ungkap Asri.

Hal senada juga diungkapkan kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota, Presley Tampubolon. Menurutnya data tersebut merupakan rekapitulasi dari setiap kelurahan yang ada di kota Palu. Hal itu juga belum tervalidasi secara akurat.

Artinya, data tersebut masih akan bertambah. Olehnya Presley berharap kepada perangkat pemerintah kelurahan, agar terus melakukan pendataan secara by Name by Adres. " Maksudnya, pendataanya berdasarkan nama dan KTP maupun KK di setiap kelurahan, " terangnya.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN