Kampanye: Jangan Gunakan Simbol KPU

Saat Berlangsungnya Press Release Di Aula KPU (Foto ishaq)

Reporter/Poso: Ishaq Hakim 

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Poso, Sulteng menggelar jumpa pers, menghimbau partai politik (parpol) dan calon anggota legislatif (caleg) yang menjadi peserta Pemilu 2019 mematuhi aturan pelarangan penggunaan simbol atau gambar dan atribut KPU dalam kampanye Pemilu 2019.

Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh pihak KPU Kabupaten Poso saat menggelar press release dengan sejumlah media cetak dan elektronik di aula KPU Poso pada Rabu (14/11/2018).

Anggota Komisioner KPU Poso Olivia Salintohe selaku Divisi Hukum dan Pengawasan mengatakan, larangan penggunaan symbol KPU pada Alat Peraga Kampanye (APK) peserta Pemilu  sangat jelas diatur dalam PKPU No.23 tahun 2018 dan UU No.7 tahun 2017 tentang Pemilu.

Menurutnya, di PKPU  sangat jelas menyebutkan pelaksana peserta dan tim kampanye Pemilu dilarang membawa, menggunakan simbol atau gambar, atribut KPU oleh peserta Pemilu dan jika dilanggar maka akan dikenakan sangsi.

“Aturan itu sangat jelas didalam undang-undang Nomor 7 tahun 2017, untuk menjaga netralitas KPU Kabupaten Poso dalam Kampanye pemilu 2019," tegasnya.

Sementara itu, anggota komisioner Divisi Sosial dan Pendidikan Pemilih, Wilianita Selviana Pangetty menyampaikan, hal tersebut telah ditemukan dilapangan, maupun di media-media sosial. Dimana para peserta Permilu masih memasang  simbol atau atribut KPU.

"Ada beberapa yang sudah kami temukan terkait pemasangan simbol-simbol KPU pada APK, umumnya di media sosial (facebook)," pungkasnya.

Pihak KPU Poso berharap kepada partai politik dan calon legislatif untuk tidak mencantumkan, menggunakan, menampilkan logo KPU kedalam alat peraga kampanye mereka. Baik itu pamflet, stiker, kartu nama dan sebagainya.

Diakhir kegiatan Ketua KPU Budiman Maliki menyampaikan, hal ini adalah bentuk respon cepat KPU terkait dengan tindakan dugaan pelanggaran. "Kami berharap dengan adanya press release ini, para awak media bisa membantu KPU Kabupaten Poso menyampaikan kepada seluruh peserta pemilu agar bisa ikut aturan yang telah ditetapkan oleh KPU," tandasnya.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN