Liverpool Galang Dana Bantu Korban Gempa Pasigala

Reds sign shirts for Pasigala EQ appeal
Reportase: Ikhsan Madjido

Sebagai wujud keprihatinan atas bencana gempa yang disertai tsunami dan likuifaksi di Palu, Sigi dan Donggala, Liverpool menggalang dana dengan membuka donasi dari para fans. Mereka dapat mengunjungi tautan ini untuk turut berpartisipasi.

Selain itu, pada laga Liga Champions menghadapi Napoli awal Oktober lalu, The Reds  telah menyumbangkan kaos yang bertanda tangan pemain yang dikenakan saat laga tersebut.

Dikutip dari laman resmi klub, kaos tersebut disumbangkan ke Disaster Emergency Committee (DEC). Komite Darurat Bencana ini kemudian akan menggalang dana guna membantu para korban dalam mengatasi trauma serta membangun kembali kehidupan dan komunitas mereka.

DEC sendiri bekerja dengan 14 badan amal terkemuka di Inggris untuk menyediakan dan menyalurkan bantuan mereka. Sejak didirikan pada tahun 1963, DEC telah menyelenggarakan 70 kali penggalangan dana dan sudah terkumpul lebih dari 1,5 milliar poundsterling.

Beberapa organisasi yang juga bekerja sama dengan DEC diantaranya Care, Action Aid, Save the Children, Together We're Stronger, dan Tearfund.

Dilaporkan total kerugian dan kerusakan akibat bencana ini mencapai R18,48 trilyun. Dampak kerugian dan kerusakan mencakup lima sektor pembangunan yaitu kerugian dan kerusakan di sektor pemukiman mencapai Rp52,5 trilyun.
Kerusakan & Kerugian Gempa Pasigala plus Parmout
Sektor sosial  Rp3,25 trilyun, sektor ekonomi Rp2,83 trilyun, sektor infrastruktur Rp986,19 milyar, dan lintas sektor Rp346,01 milyar.

Berdasarkan sebaran wilayah, kerusakan dan kerugian di Kota Palu mencapai Rp8,3 trilyun, Kabupaten Sigi Rp6,9 trilyun, Donggala Rp2,7 trilyun dan Parigi Moutong Rp640 Milyar.

Diperkirakan untuk membangun kembali daerah terdampak bencana pada tahapan rehabilitasi dan rekonstruksi akan memerlukan anggaran lebih dari Rp22 triliun.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN