Pasca Likuifaksi; MTsN III Direlokasi dari Petobo

Dampak Likuifaksi

sumber: antaranews sulteng


KEMENTERIAN Agama Kota Palu, Sulawesi Tengah, akan merelokasi Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) III dari Kelurahan Petobo pascagempa dan likuifaksi menghantam kelurahan tersebut.

"Iya, MTsN Palu Selatan atau MTsN III akan direlokasi ke wilayah atau lokasi yang lebih aman," ucap Kepala Kemenag Kota Palu Ma`sum Rumi, di Palu, Sabtu.

MTsN III Kota Palu menjadi salah satu terdampak likuifaksi, saat bencana itu menerpa Kelurahan Petobo Kecamatan Palu Selatan pada Jumat 28 September 2018 petang itu. Madrasah yang beralamat di Jalan Dewi Sartika Kota Palu itu, sebagian wilayah termasuk lima bangunan gedung tertimbun lumpur.

Relokasi Madrasah itu telah mendapat persetujuan dari Kementerian Agama RI melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. Pasca gempa dan tsunami Dirjen Pendis Kemenag Kamaruddin Amin meninjau Madrasah tersebut dan berdiri di atas lumpur yang menutup sebagian besar bangunan gedung Madrasah itu. "Dirjen Pendis telah meninjau dan juga setuju untuk merelokasi Madrasah tersebut," kata Ma`sum.

Saat ini, kata dia, pihaknya tengah mencari lokasi untuk relokasi Madrasah tsanawiyah III itu, namun lokasinya tidak lagi di wilayah Petobo, walaupun tidak semua wilayah Kelurahan Petobo terdampak likuifaksi. 

"Masih dicari lokasi untuk relokasi. Yang jelas lokasinya harus benar-benar aman untuk jangka waktu lama," sebutnya.

Ia menerangkan, MTsN Palu Selatan atau MTsN III Kota Palu saat ini tidak layak lagi untuk digunakan? Karena itu, siswa-siswi Madrasah tersebut mengikuti proses pembinaan dan belajar mengajar dibawah tenda yang dibangun sementara di Lapangan Futsal Jalan Banteng.**

Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN