Pascabencana; 11 Kasus Kekerasaan Perempuan & Anak

'

Sumber: Biro humpro

KEKERASAN PADA Perempuan dan anak bisa terjadi kapan saja dan dimana saja tanpa kecuali di wilayah yang terkena bencana yaitu Palu, Sigi dan Donggala. Hal ini dikatakan Asisten Administrasi Umum Muliono, SE, Ak.MM saat membuka Rakor dan Workshop Perlindungan Hak Perempuan dan Anak Pascabencana yang berlangsung di Hotel Jazz, Kamis(29/11/2018).

"Telah terjadi 11 kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak," kata asisten dalam sambutan gubernur, pascabencana 28 september yang aduannya diterima oleh relawan di pos/tenda ramah perempuan. Bentuk-bentuk yang dialami korban, lanjut asisten berupa kekerasan seksual,  fisik, psikis, dan KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga).

Penemuan baru itu, praktis menambah deretan panjang kasus-kasus kekerasan perempuan dan anak di Sulteng, yang sampai Agustus 2018 sudah menyentuh angka 256.

"Perempuan dan anak tidak bisa nunggu, harus segera," tandas asisten, menyatakan perlindungan perempuan dan anak juga penting selain pemulihan fisik infrastruktur pascabencana.

Akhirnya output rakor diharap asisten dapat diintegrasi dalam kebijakan rehabilitasi data rekonstruksi berperspektif gender, mengacu pada Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana No. 6 Tahun 2017, khususnya pada pasal 5.

"Rehabilitasi dan rekonstruksi mengacu pada 8 prinsip, salah satunya mengarus utamakan kesetaraan gender, kelompok rentan, penyandang disabilitas dan keadilan," pungkas asisten terkait Perka BNPB No. 6 Tahun 2017.

Pada kesempatan yang sama, turut diserahkan simbolis buku pedoman perlindungan anak dan perempuan dari Asisten Deputi Nyimas Aliyah, SE, M.Ikom ke Asisten Muliono, dalam rangkaian kampanye hari anti kekerasan terhadap perempuan.

Hadir di acara, Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak  Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sulteng Dra. Sukarti, M.Si, perwakilan perangkat kerja, sub klaster perlindungan perempuan, NGO dan relawan peduli masalah perempuan dan anak.**



Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN