Peringatan Maulid Nabi SAW, 35 Santri Khatam Alquran

Madrasah Diniyah Awwaliyah (MDA) Alkhairaat Tegalrejo bekerjasama dengan MTs Alkhairaat Tegalrejo dan jamaah masjid Nurul Yaqin, Kelurahan Tegalrejo, Kecamatan Poso Kota Utara menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1440 H/2018.


Reporter/Poso:Ishaq Hakim

PIHAK
Madrasah Diniyah Awwaliyah (MDA) Alkhairaat Tegalrejo bekerjasama dengan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Alkhairaat Tegalrejo dan jamaah masjid Nurul Yaqin, Kelurahan Tegalrejo, Kecamatan Poso Kota Utara menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1440 H/2018.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 2018 ini juga turut dirangkaikan dengan pelaksanaan khatam Alquran. Dimana sebanyak 35 orang santri MDA kini telah khatam Alquran, Selasa 20/11/2018.

Kegiatan mengambil tema "Maknai Maulid Nabi Muhammad SAW bersama Madrasah bangun generasi berakhlak mulia dan cinta tanah air".

Selain warga,  ratusan santri juga hadir pada kegiatan tersebut yang dipusatkan di halaman sekolah MTS Alkhairaat Tegalrejo.

Sementara itu, giat tersebut di hadiri oleh Ketua Komisariat Daerah (Komda) Alkhairat Kabupaten Poso, Arifin Tuamaka, Sekretaris Komda Alkhairaat Poso, Ibrahim Ismail, Camat Poso Kota Utara, Efendi Chofi'i, imam masjid Nurul Yaqin, Abdul Rahim, Kepsek MTS Alkhairaat Tegalrejo, Ika Larastuty Badolo dan tamu undangan lainya.

Dalam kegiatan ini hadir sebagai penceramah Ustadz Aswani selaku kader dari organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Makassar.

Ketua panitia kegiatan Abdul Kadir Abdjul menyampaikan, latar belakang peringatan maulid ini, selain sudah menjadi tradisi dari Abnaul Akhairaat maupun warga Nahdliyin, semangat untuk memperingati maulid ini juga di gagas oleh al’asatid MDA, yang gelisah melihat perkembangan zaman hari ini.

Menurutnya, melihat perkembangan zaman saat ini, maka para guru-guru lah yang bisa menjawab tantangan-tantangan kedepannya. Diantaranya dengan memakmurkan dan meramaikan MDA dengan adanya peringatan Maulid Nabiyullah Muhammad SAW, khususnya di wilayah Tegalrejo.

"Tujuan dari kegiatan ini untuk memotivasi generasi muda khususnya santri kita, untuk mencintai dan meladani Rasulullah SAW melalui guru-guru kita dan para alim ulama untuk menghadapi tantangan kedepan," ucap Abdul Kadir Abdjul.

Sementara itu, Ustadz Aswani dalam ceramahnya menyampaikan sejumlah pesan keteladanan rasul yang patut dicontohi umat muslim. 

Dikatakannya, cara mendapat syafaat dalam aktivitas sehari-hari adalah menegakan sholat, dan ajakan membiasakan membaca shalawat untuk menambah kecintaan kepada Rasulullah SAW.

Ia juga menyinggung masalah sifat yang banyak di miliki oleh manusia yaitu orang yang bermalas-malasan, yang lali dalam sholatnya mereka adalah golongan orang-orang cinta dunia takut akan kematian namun tidak sedikit pula di antara manusia-manusia yang durhaka kepada kedua orang tuanya.
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 2018 ini juga kemudian dihibur oleh vocal grup dan pentas drama oleh santri dengan mengangkat tema “Kepanikan Menggapai Ridhomu”.**

Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN