Popwil V 2018 Resmi Dibuka, Ajang Seleksi Popnas

'
Reporter: Ikhsan Madjido

Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) V resmi bergulir yang ditandai dengan pembukaan di Hotel Sintesa Peninsula Manado, Rabu (28/11/2018). Popwil V ini merupakan ajang seleksi menuju Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) tahun 2019 di Papua.

Gubernur Sulawesi Utara, yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdaprov Edison Humiang saat membuka kegiatan ini mengatakan Popwil merupakan wujud nyata dari kepedulian dan totalitas pengabdian dalam mengiringi gerak pacu pembangunan bangsa di bidang olahraga.

Dikatakan, Popwil V seharusnya dihelat di Sulteng, namun karena musibah bencana dipindahkan ke Sulut.

“Awalnya penunjukkan tuan rumah di Sulteng, tapi karena adanya bencana yang melanda dipindahkan ke Sulut. Selamat datang di bumi Nyiur Melambai, selamat menikmati panorama yang ada,” terang Humiang.

Sementara staf ahli Bidang Kerjasama Kelembagaan Kemenpora, Chandra Bakti menyatakan bahwa indikator kemajuan suatu bangsa yang maju yaitu ekonomi, pertahanan dan olahraga. Olehnya pembinaan dibidang olahraga dimaksudkan untuk menciptakan prestasi nasional di masa datang.

“Pembinaan yang dilakukan mulai dari pelajar. Pemerintah saat ini sedang gencar melakukan pengembangan segala lini olah raga. Juga menyiapkan kesejahteraan bagi para pelakunya termasuk atlet. Karena yang bisa mengumandangkan lagu Indonesia Raya di luar negeri yakni olahragawan berprestasi,” katanya.

-
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulut, Marcel Sendoh dalam laporannya menuturkan Popwil V berlangsung 28 November - 3 Desember 2018. Meskipun pada awalnya bukan sebagai tuan rumah, namun pihaknya berusaha menyiapkan semaksimal mungkin.

“Memang awalnya bukan di Sulut melainkan di Sulteng, namun dengan kerja keras dan koordinasi yang kami maksimalkan secepat mungkin menyediakan venue pertandingan dan penginapan untuk menampung ratusan atlet pelajar dan para official. Kami berkeyakinan bisa memberikan yang terbaik untuk para utusan yang akan bertanding di Sulut. Mengingat ajang ini sebagai kualifikasi menuju Popnas Papua 2019 maka dari itu diharapkan seluruh atlet dan pelatih menjunjung tinggi sportivitas,” pinta Sendoh.

Peserta dari enam provinsi berjumlah 655 baik atlet maupun pelatih. Rinciannya Sulawesi Utara 155 orang, Sulawesi Tengah 151 orang, Maluku 64 orang, Maluku Utara 87 orang, Papua Barat 88 orang dan Gorontalo 120 orang.

Popwil V kali ini mempertandingkan delapan cabang olah raga yakni Bola basket, Sepak bola, bulutangkis, bola volly, sepak takraw, tenis meja, tenis lapangan dan pencak silat, dengan jumlah medali diperebutkan 34 emas, 34 perak dan 51 perunggu.**






Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN