Rencana Pembangunan Jembatan V TELAN Rp33 M



Foto : inilah jembatan IV Palu sebelum hancur diterjang tsunami
Reporter: Firmansyah

RENCANANYA, Pembangunan jembatan V di Palu, akan dimulakan tahun 2019 mendatang. Estimasinya, menelan anggaran Rp33 miliar bersumber dari APBD TA 2019 mendatang. Hal itu diungkapkan anggota Komisi C DPRD Palu, Armin, Selasa  (27/11/2018) di ruangannya.

Jembatan yang menghubungkan dua kecamatan Palu tersebut, menurut Armin lokasi pembangunannya berada  di antara jalan Anoa II Kelurahan Lolu Selatan dan jalan Jati, Kelurahan Nunu. Tujuan dari pembangunan jembatan tersebut menurut Armin, selain untuk mengurai kemacetan arus lalu-lintas yang ada di kota Palu, juga menggantikan sementara fungsi jembatan kuning yang ambruk akibat diterjang gempa bumi dan Tsunami beberapa waktu lalu.

Untuk proses pembebasan lahan pembangunan jembatan V, Armin membeberkan telah mencapai tahap kedua. Artinya ada ketambahan perluasan area jalan menuju jembatan. " Kemarin luas daminya hanya lima meter. Namun ada ketambahan tiga meter, sehingga area jalanya bertambah luas, " akunya.

Lebih jauh, Armin membeberkan rencana pembangunan kembali jembatan IV telah bergulir dalam pembahasan antara Komisi C Dewan Kota (Dekot) dan mitra terkait Pemkot Palu. Dibiayai langsung pemerintah pusat dalam APBN.
Namun Armin menjelaskan bahwa  pembangunan ulang jembatan IV nantinya tidak bisa lagi dilalui kendaraan secara umum. Jembatan itu akan difungsikan sebagai destinasi wisata. Sebagai gantinya,  arus lalulintas kendaraan, khususnya angkutan berat yang hilir mudik dari arah barat ke selatan akan dialihkan di jembatan V.

Selain itu, Lanjut Armin. Sepanjang bibir pantai Palu, akan kembali difungsikan sebagai objek wisata. Namun terlebih dahulu akan dibuatkan penahan ombak. Sehingga saat air laut masuk, kekuatan dan volumenya sudah berkurang, " Kedepanya nanti ada perencanaan dari pemerintah, untuk membangun penahan ombak di teluk Palu,’’ kata Armin.**
Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN