SHELTER BALAROA KURANG TENDA DAN LOKASI HUNIAN

Shelter pengungsi Kelurahan Balaroa

Reporter: Firmansyah

HAMPIR 50 Hari pascabencana tree in one, gempabumi, tsunami dan likuifaksi, hasil penelusuran pekan lalu, Sabtu (17/11/2018), shelter pengungsi Kelurahan Balaroa masih kekurangan tenda. Selain itu, lokasi lahan untuk pembangunan hunian pun tidak memadai.

Ayoen Rizky, selaku koordinator shelter PMI Balaroa menjelaskan bahwa hingga saat ini, daftar tunggu masyarakat yang ingin direlokasi ke tempat tersebut sejumlah 200 orang. Namun belum terakomodir. Disebabkan tenda maupun lokasi pembangunan tidak mencukupi.

‘’Hingga saat ini, tercatat di buku kami, ada sekitar 200 jiwa yang telah mendaftar. Namun karena fasilitas tenda belum mencukupi, serta lokasi pembangunannya juga sudah tidak memungkinkan lagi. Terpaksa kami hanya mencatat nama, alamat dan no hp mereka. Lokasi yang ditempati pengungsi saat ini merupakan tanah dari pemerintah, " jelasnya.

Ditambahkannya, sudah ada pemberitahuan bahwa akan ada penambahan tenda. Namun penyerahannya belum diketahui waktunya. Ayoen juga membeberkan bahwa jumlah kepala keluarga (KK) yang bermukin di lokasi pengungsian tersebut sebanyak 317 KK. Dengan jumlah keseluruhan 1.060 jiwa. Warga Perumnas tercatat sejumlah 300 orang, selebihnya adalah masyarakat Balaroa dan Kota Palu yang kediamannya mengalami kerusakan akibat gempabumi.

‘’Keinginan kami sebenarnya ingin menampung semua masyarakat yang datang ke tempat ini. Tapi karena keterbatasan tenda dan lokasi hunian. Terpaksa hanya mencatat alamat, nama dan nomor ponsel. Suatu saat bila semuanya telah tersedia, nanti kami hubungi, " akunya.

Untuk pembangunan Huntara maupun lokasi penambahan tenda bagi warga yang belum terakomodir, Ayoun menyarankan untuk melakukan konfirmasi ke pihak kelurahan. Karena hal itu diluar kewenangan mereka.

"Untuk lokasi penambahan pembangunan tenda bagi pengungsi, silahkan konfirmasi ke Kelurahan Balaroa, " tuturnya. Sementara itu, Lurah Balaroa Rahmansyah dikonfirmasi melalui via Whats Ap belum memberikan keterangan.**

Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN