Sulteng Rencana Bangun 1.200 Unit Huntara


Kepala Dinas Bina Marga dan Tata Ruang, Ir Syaifullah Djafar MS.i 
Reporter: Randy rawuly

PEMERINTAH Provinsi Sulteng merencanakan akan membangun hunian sementara (Huntara) untuk korban bencana gempabumi, likuifaksi dan tsunami sebanyak 1.200 unit. Untuk satu unitnya dapat dihuni sekira 12 bilik atau dapat digunakan satu kepala keluarga (KK). Sehingga dengan 1.200 unit Huntara diperkirakan dapat menampung 14.400 KK korban Pasigala (Palu Sigi dan Donggala). Demikian pernyataan Kepala Dinas Bina Marga dan Tata Ruang, Ir Syaifullah Djafar MS.i ke Kaili Post kemarin (06/11/2018).

Huntara tersebut diprioritaskan bagi korban bencana yang benar-benar sangat membutuhkan. ‘’Ada prioritas yang sangat membutuhkan. Namun semua pasti akan diakomodir,’’ jawab Syaifullah. Huntara sendiri langsung ditangani oleh kementerian PUPR RI. ‘’Semua menggunakan anggaran pusat. Soal dananya darimana saya tidak mengetahui. Kita hanya tekhnis saja,’’ elaknya.

Syaifullah juga enggan menjawab bagaimana dengan Huntara yang dibangun oleh pihak swasta atau pihak lembaga independen lainnya, misalnya; LSM dan perusahaan-perusahaan swasta. Karena faktanya ada beberapa LSM dan swasta juga membangun Huntara. Dikuatirkan hal itu akan menjadi tumpang tindih di lapangan.

Seperti diketahui, saat ini Pemprov bersama dengan pemerintah pusat telah melakukan rapat koordinasi yang dipimpin Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla membahas tentang penaggulangan bencana Pasigala 28 September 2018 lalu. Salah satunya, membahas terkait dengan upaya relokasi korban bencana gempabumi, tsunami dan likuifaksi, khususnya daerah daerah yang terdampak untuk direlokasi. Pemerintah menunggu hasil dari keputusan BNPB pusat daerah mana saja yang rawan bencana.**

Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN