Tokoh Pemuda Morowali Soroti IMIP

'

Reporter/morowali: Bambang sumantri

TOKOH PEMUDA Morowali, Niswanto Rachman kembali mengeluarkan statetmen yang mengejutkan terkait PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP). Dikatakannya, kehadiran PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) di Kabupaten Morowali seharusnya menjawab persoalan masyarakat utamanya sektor ekonomi. Namun yang terjadi justru kehadirian perusahaan raksasa Asia Tenggara tersebut menimbulkan banyak masalah sosial, mulai dari kesempatan kerja untuk anak lokal Morowali sebagai pewaris Sumber Daya Alam (SDA) yang dikandung daerahnya sampai masalah ladang-ladang ekonomi semua justru dikuasai oleh kelompok konglomerat dari luar daerah.

Selain itu dikatakan Wanto, konsep pemberdayaan masyarakatpun tidak jalan sesuai UU Corporate Social Responsibilty (CSR). "Harusnya kehadirian investasi mampu mendorong peningkatan taraf hidup masyarakat dengan pembangunan konsep peemberdayaan yang sesuai dengan aturan perundang-undangan dan memberikan kesempatan kerja yang sebesar-besarnya kepada masyarakat lokal Morowali sesuai dengan keahliannya masing-masing," ungkapnya.

Niswanto juga menjelaskan bahwa konflik antar kelompok yang baru saja terjadi di wilayah Bahodopi tidak bisa dipisahkan dengan kehadiran PT IMIP, karena di sana ada kecemburuan sosial soal penguasaan ekonomi dan kesempatan kerja.

"Pemerintah daerah Morowali juga sudah melakukan upaya untuk menjaga iklim investasi dengan salah satu cara mendorong agar dibukanya kesempatan kerja yang lebih besar kepada anak lokal Morowali, namun justru upaya itu sampai saat ini belum juga maksimal dikarenakan manageman PT IMIP terkesan keras kepala, jangan salahkan kalau rakyat Morowali melakukan tindakan dengan cara mereka sendiri tanpa melanggar norma-norma hukum, karena PT IMIP lah yang mencoba membuka lebar ruang-ruang konflik antara masyarakat pencari kerja lokal Morowali dan perusahaan" tandasnya.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN