Wabup Banggai Buka Sosialisasi Harga Pangan

Sosialisasi harga pangan menghadapi moment besar yaitu hari besar keagaamaan, di Hotel Rosalina, Keraton Luwuk, Kamis (22/11/2018)

Reporter/Luwuk: Imam Muslik

WAKIL Bupati Banggai Mustar Labolo membuka sosialisasi harga pangan menghadapi moment besar yaitu hari besar keagaamaan, di Hotel Rosalina, Keraton Luwuk, Kamis (22/11/2018). Kegiatan yang digelar  Dinas Tanaman Pangan, Dinas Perdagangan dan Bulog  Kabupaten Banggai ini diikuti para distributor dan pelaku usaha.

Wakil Bupati Mustar Labolo, saat memberikan sambutan mengatakan ketahanan pangan sangat erat kaitanannya dengan tingkat Inflasi yang dapat menggangu pertumbuhan ekonomi. Olehnya pemerintah wajib menjaga  kelangsungan dan ketersedian bahan pangan, guna menjaga ketersedian pasokan pangan kedalam negeri.

“Perlu dilakukakan kebijakan yang sangat dinamis dan komprehensif anatara lain melakukan terobosan penting untuk memastikan stok pangan, dan melakukan operasi pasar, dan mengadakan pasar murah serta menjaga harga antar pulau,” kata Mustar Labolo.

Pihaknya menilai ada tiga poin perlu diperhatikan perlunya menjaga tingkat inflasi. Pertama, inflasi mengerogoti pendapatan riil masyarakat yang pada giliran akan menurunkan kaya benih, inflasi membuat masyarakat menjadi miskin yang sudah miskin menjadi sangat  miskin. Kedua, inflasi yang tidak terkendali menciptakan ketidakpastian, inflasi yang tinggi dapat mempengaruhi prilaku konsumsi, investasi dan produksi yang pada akhirnya berdampak pada  pertumbuhan ekonomi. Dan terakhir, inflasi yang tidak terkendali menyebabkan inefesiensi dan menciptkan ekonomi yang tinggi hal ini tentunya menurunkan daya saing perekonomian. 

“Memperhatikan hal tersebut, selaku pelaku usaha tidak selalu memainkan harga bahan pangan kepada konsumen sehingga perlunya diadakan sosialisasi antara pihak – pihak yang berwengan dalam hal ini Dinas Perdaganan, Dinas Ketahanan Pangan dan Bulog,”ujarnya.

Panitia sosialisasi menjelaskan tujuan kegiatan sosialisasi stabilitas harga pangan menjelang hari-hari besar keagamaan adalah  memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada para pelaku usaha pangan (petani, pedagang dan masyarakat), tentang apa yang dimaksud stabilitas harga pangan. Memberikan pengetahuan dan solusi kepada para pelaku usaha Pangan, bagaimana menjaga stabilitas harga pangan sehingga bisa memberikan manfaat dan keuntungan.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN