.

.

Komnas HAM: Recovery Warga Palu Sangat Cepat

Kunjungan Ketua Komnasham bersama rombongan di kantor Wali Kota, Kamis (27/12/2018)


Reporter: Firmansyah Lawawi

Ketua Komisaris Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas Ham) RI, Ahmad Taufan Damanik mengungkapkan bahwa dalam hal recovery, atau pemulihan psikologis mental pascabencana alam 28 September 2018 lalu, masyarakat kota Palu, mayoritas secara umum telah pulih. ‘’Dalam pengamatan sepintas kami, recovery kehidupan masyarakat Palu pascabencana alam lalu sangat cepat, " ungkap Ahmad saat kunjungannya bersama rombongan di kantor Wali Kota, Kamis (27/12/2018)

Sehingga, kata Ahmad Taufan berdampak dalam percepatan pembangunan kembali infrastruktur di Palu. Karena salah satu faktor pendukung proses kelanjuta program pembangunan dalam suatu daerah pasca bencana alam, adalah masyarakat itu sendiri. Tujuan dari kunjungan tersebut, menurut Ahmada Taufan  merupakan agenda program dari Komnas HAM terhadap daerah yang terdampak bencana alam. Termasuk melakukan diskusi dengan Wali Kota.

Berguna  untuk menjalin koordinasi dengan seluruh jajaran stakeholder yang ada di Palu. Melakukan diskusi, sehingga melahirkan beberapa rekomondasi kepada pemerintah pusat, maupun daerah. Terkait permasalahan maupun kendala yang ada dimasyarakat pasca bencana alam.

Terkait status pembangunan hunian tetap yang menggunakan lahan Hak Guna Bangunan (HGB) hingga saat ini belum menemui titik terang,  Ketua Komnas HAM menjelaskan bahwa hal tersebut akan dilakukan koordinasi dengan Kementerian ATR dalam mencari solusinya.

‘’Apalagi hal tersebut telah diarahkan langsung oleh Wakil Presiden untuk segera diselesaikan. Kami sangat mendukung sekali hal itu segera direalisasikan. Untuk proses percepatan pembangunan di Palu, " jelasnya. Rombongan Komnas HAM tersebut, ditemui langsung oleh Wali Kota, Hidayat bersama Ketua Komnas HAM perwakilan Sulteng, Dedy Askari.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN