Konsultasi Publik Dokumen RPJMD Parmout

'

Sumber: Humas Parmout

Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Parigi Moutong 2018 – 2023 saat ini sudah memasuki tahap konsultasi publik.

Setelah dilakukan konsultasi publik di wilayah utara Kabupaten Parigi Moutong pekan kemarin, Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Parigi Moutong selaku OPD yang menangani langsung penyusunan dokumen  RPJMD tersebut hari ini (18/12) kembali melakukan konsultasi publik dokumen RPJMD 2018-2023 di wilayah selatan Kabupaten Parigi Moutong, meliputi Kecamatan Torue, Sausu dan Balinggi.

Konsultasi publik itu dibuka secara resmi Bupati Parigi Moutong diwakili Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Parigi Moutong, Drs H Samin Latandu di Kantor Camat Sausu.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Parigi Moutong, Irfan Nur ST MM dalam laporannya mengatakan, konsultasi publik RPJMD itu wajib dilakukan sebagaimana yang dimanatkan dalam undang-undang 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah untuk mendapatkan masukan dari masyarakat terhadap program lima tahunan yang akan dilakukan oleh Bupati dan Wakil Bupati terpilih periode 2018 – 2023 “Selaku leading sektor yang menangani dokumen RPJMD ini, kami sudah melakukan berbagai tahapan penyusunan, saat ini dokumen RPJMD sudah masuk dalam tahapan konsultasi publik. Kenapa harus dikonsultasikan ke publik, agar dokumen RPJMD ini bisa mendapatkan masukan dari masyarakat untuk penyempurnaan,” jelas mantan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Parigi Moutong itu.

Kata Irfan, melalui konsultasi publik itu pihaknya bisa mendapatkan berbagai masukan dan saran dari masyarakat sehingga apa yang dilakukan oleh Pemerintah daerah lima tahun kedepan sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat .

“Melalui konsultasi publik ini kami akan mendapatkan masukan dan saran yang sangat bermanfaat dari masyarakat untuk penyempurnaan RPJMD untuk lima tahun kedepan,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Parigi Moutong diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Samin Latandu mengatakan, konsultasi publik itu bertujuan untuk menghimpun dan menyerap aspirasi para pemangku kepentingan guna perumusan dan penyusunan rencana pembangunan jangka menegah di Kabupaten Parigi Moutong tahun 2018-2023. Ia mengajak seliuruh masyarakat untuk menyatukan tekad dan langkah bersama mewujudkan visi Kabupaten Parigi Moutong yaitu “Memantapkan Kabupaten Parigi Moutong terdepan, maju, adil, merata berkelanjutan dan  berdaya saing”.

Selain visi tersebut, ada beberapa misi yang akan dilaksanakan oleh Bupati dan Wakil Bupati terpilih yaitu memantapkan reformasi birokrasi dan tata kelola keuangan daerah yang akuntabel, memantapkan pembangunan infrastruktur yang maju dan merata di seluruh wilayah, memajukan kualitas dan cakupan layanan pendidikan dan menggalakan kesehatan berdaya saing, meningkatkan kesejahteraan sosial yang berkeadilan dan mengentaskan kemiskinan, mewujudkan pembangunan ekonomi yang adil dan meningkatkan investasi berbasis pertanian dan pariwisata yang berdaya saing.

Bupati dan Wakil Bupati terpilih pada Pilkada bulan juli 2018 ini juga akan melaksanakan misi meningkatkan pemberdayaan masyarakat dan pembangunan desa/kelurahan Kecamatan terdepan, meningkatkan pelestarian lingkungan yang berkelanjutan dan mitigasi kebencanaan serta meningkatkan keamanan dan ketertiban di seluruh wilayah.

Untuk mewujudkan visi misi terbut katanya bukan pekerjaan mudah. Hal itu tidak akan bisa dilakukan oleh satu atau dua orang saja tetapi diperlukan sinergi, kolaborasi, diskusi, serta proses-proses panjang lainnya. Bupati mengimbau seluruh lapisan masyarakat dan unsur kelembagaan yang hadir pada forum konsultasi publik ini agar dapat memberikan masukan yang positif dan konstruktif guna menciptakan kepedulian dan komitmen untuk kemajuan Kabupaten Parigi Moutong tercinta.

 “Saya mengajak kepada seluruh komponen masyarakat, termasuk seluruh OPD mari kita sama-sama membangun daerah ini. Visi Misi lima tahun itu tidak akan mungkin bisa diwujudkan tanpa dukungan masyarakat,” tandasnya.**

Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN