Kontingen Sulteng Sabet 24 Medali di Popwil: Ini Tanggapan Dispora Sulteng

'

Reporter: Ikhsan Madjido

SEBANYAK 24 medali dipersembahkan atlet pelajar Sulteng dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) V, yang berlangsung di Manado, Sulawesi Utara, pada 28 November-3 Desember 2018.

Sejumlah 8 medali emas sukses diraih kontingen Sulteng, yakni dicabor pencak silat 7 emas, dan di cabor bola voli putri. Selain medali emas, Sulteng juga mendulang 12 perak, 8 dari pencak silat dan dua dari tenis lapangan serta masing-masing satu dari bola basket, dan sepak takraw.

Sementara tiga perunggu dengan rincian 2 dari pencak silat, 1 dari sepak bola dan bulu tangkis. Atas hasil tersebut kontingen Sulteng menempati posisi kedua di bawah tuan rumah Sulut, di klasemen akhir perolehan medali dalam ajang khusus atlet pelajar ini.

-
Kabid Olahraga Dispora Sulteng, Abd Raaf Malik selaku ketua kontingen, mengucap syukur dan mengapresiasi keberhasilan atlet pelajar Sulteng telah mengumpulkan medali di Popwil 2018.

“Kami sangat bangga dengan prestasi yang diraih, mereka sudah berjuang maksimal sampai berhasil bawa pulang medali, mengukir nama Sulteng di kancah nasional,” ujar Abd Raaf, Minggu (2/12/2018).

Kontingen Sulteng, kata Raaf, mengikuti Popwil V di Manado dengan semangat  "Sulteng Bangkit". Sebelum musibah gempa bumi, tsunami dan likuifaksi Sulteng menargetkan untuk juara umum dengan saingan berat kontingen Sulawesi Utara.

“Namun pascabencana kita harus lebih realistis terhadap situasi dan kondisi atlit, pelatih dan sarana pendukung lainnya yang secara umum serba terbatas. Hal tersebut menjadikan target kita minimal runner up dan menempatkan prioritas ke Popnas tahun depan di Papua,” tutur Raaf.

Selanjutnya, bagi peraih emas dan perak secara otomatis lolos menuju perhelatan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2019 di Papua.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sulteng, H Mardiansyah mengaku hasil ini beda dengan Popwil sebelumnya yang saat itu Sulteng juara umum. Hal ini tentunya menjadi perhatian karena persiapan yang belum maksimal.

“Pascabencana mempengaruhi persiapan atlet kita. Namun hasil ini memotivasi kita untuk berbicara di Papua tahun depan dengan berlatih lebih giat lagi mempersiapkan diri di Popnas nanti,” kata H Mardiansyah.

“Kami mengapresiasi hasil ini, lima cabor yang lolos ke Popnas akan dimaksimalkan. Akan dimaksimalkan pertandingan di daerah supaya jam terbang anak-anak tidak kalah dengan propinsi lain,” pungkasnya.

Hasil akhir perolehan medali, Sulut berada di puncak klasemen, diikuti Sulteng dan Maluku menjadi juru kunci.**

Klasemen akhir perolehan medali Popwil V 2018:


Daerah
Emas
Perak
Perunggu
Sulut
16
5
3
Sulteng
8
12
4
Gorontalo
3
8
4
Papua Barat
0
0
9
Malut
1
3
2
Maluku
0
0
0



Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN