Lima Cabor Sulteng Lolos ke Papua

Atlet Sulteng pada Popwil V yang berlangsung di Manado Sulut

Reporter: Ikhsan madjido

PERHELATAN Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) V yang berlangsung 28 November – 3 Desember 2018 usai sudah. Hasilnya, Sulawesi Tengah berhasil meloloskan 5 cabang olahraga ke Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2019 di Papua. Cabang olahraga apa saja?

Pada Popwil V/2018 yang digelar di Manado, Sulawesi Utara, kontingen Sulteng berkekuatan 151 orang yang terdiri dari pelatih, atlet dan offisial. Sejumlah 122 diantaranya adalah atlet yang bertanding pada 8 cabang olahraga. Dari delapan cabor tersebut, lima diantaranya berhasil mengantongi tiket berlaga pada Popnas tahun depan di Papua.

Berikut ini daftar lima cabor Sulteng yang lolos ke Popnas 2019:

PENCAK SILAT
Kontingen pencak silat pelajar  Sulteng meloloskan tujuh atlet ke Popnas 2019 di Papua. Ketujuh atlet tersebut yakni Irene Angelika di Kelas A putri, Anjela (Kelas C putri), Syarif Moh Syakur (Kelas D putra), Irma Ningsih (Kelas E putri), dan 3 medali emas dari nomor beregu.

BOLA VOLI PUTRI
Tim bola voli putri meraih tiket ke Popnas tahun depan di Papua. Anak asuh Sabri Lasabo berhasil mengalahkan Sulut pada babak final 3-1.

TENIS PUTRA DAN PUTRI
Petenis putra dipastikan lolos ke ajang Popnas 2019 setelah mengalahkan Maluku dengan skor 0-6, 6-3, supertie break 10-3.

SEPAK TAKRAW PUTRA
Tim sepak takraw pelajar Sulteng memastikan satu tiket ke Popnas 2019 di Papua setelah di menang 2-0 Maluku. Regu yang diperkuat Stevan Danil, Vecky Molio'a, Akmal Fauzan,  Arif Budiman, Frengki Nande, M.  Luthfi, Bryan Kristensen,  Adhitya, Ferdiko Pesoba,  dan Silfrandi Gabriel, berada di posisi kedua klasemen cabor sepak takraw Popwil V.

BOLA BASKET
Kontingen bola basket putra lolos ke Popnas di Papua setelah pada pertandingan terakhir berhasil mengalahkan Papua Barat 85-25. Bola basket yang memainkan sistem setengah kompetisi dalam ajang Popwil V, tim Sulut berada di puncak klasemen, disusul Sulteng dan Gorontalo.

Ketua kontingen Sulteng, Abd Raaf Malik, kepada Kaili Post, sebelumnya mengatakan ada 8 cabor yang dipertandingkan yaitu sepak bola, bola voli, bola basket, sepak takraw, pencak silat, tenis meja, tenis lapangan dan bulu tangkis.

Menurut Raaf ajang Popwil merupakan prakualifikasi menuju Popnas yang akan digelar tahun depan di Papua. Pada event olahraga pelajar dua tahunan itu, Sulteng bersaing dengan Sulut, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, dan Papua Barat. Enam Provinsi ini tergabung di wilayah V.**




Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN