Pemprov Sosialisasikan RUP dan Aplikasi SPSE Versi 4.3


Sumber: Biro humpro sulteng

DISADARI Pemerintah daerah mempunyai tanggung jawab berat  dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui program kegiatan di setiap OPD. Pelaksanaan program harus melalui tahapan; dari perencanaan, pengadaan barang/jasa yang pelaksanaannya selalu berpedoman pada perundang-undangan yang berlaku. Sehingga akan didapatkan hasil pembangunan yang berkualitas dan dapat dimanfaatkan secara luas oleh masyarakat.

Hal itu disampaikan Gubernur diwakili Assisten Administrasi Umum dan Organisasi Mulyono, saat membuka sosialisasi RUP dan penerapan aplikasi sistem pengadaan secara elektronik (SPSE) versi 4.3 sesuai Perpres Nomor 16 tahun 2018 tentang pengadaan barang/jasa pemerintah bertempat di ruang aula Kantor Dinas Perkebunan Daerah Sulteng (18/12/2018).

Pengadaan barang dan jasa, lanjut Gubernur di mulai dari tahapan rencana umum pengadaan yang merupakan bagian penting dalam pengadaan barang dan jasa. RUP dibuat agar pengadaan barang/jasa dapat terencana secara efektif sejak dini. Setiap pengguna anggaran dapat mengidentifikasi sejak awal kebutuhan apa, anggaran yang diperlukan berapa serta bagaimana cara mengadakan.

Seringkali penyusunan RUP, kata gubernur tidak sinkron dengan rencana pelaksanaan kegiatan pada satuan kerja, hal inilah yang menyebabkan proses pengadaan barang/ jasa dan pelaksanaan kegiatan tidak berjalan dengan baik, salah satu akibatnya adalah berpengaruhnya penyerapan anggaran. Oleh karena itu pemahaman yang baik atas penyusunan RUP harus dimiliki seorang PA/PPK.

Terbitnya SPSE versi 4.3 maka peran PA, KPA/PPK  akan lebih aktif memanfaatkan aplikasi ini. Diakhir sambutannya, Gubernur berpesan kepada peserta sosialisasi untuk mengikuti dengan serius dan sungguh-sungguh materi yang diberikan narasumber supaya dapat diaplikasikan dengan baik. Kegiatan itu diikuti para kuasa pengguna  anggaran  (KPA) atau Pejabat Pembuat Komitmen, PPTK lingkup Pemprov Sulteng, yang juga dihadiri Kepala Biro Umum Setda Prov.Sulteng.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Posting Komentar

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN