Peringati HBN, Polres Touna Gelar Upacara

'

Reporter/Touna: Yahya Lahamu

DALAM Rangka memperingati Hari Bela Negara ke- 70 tahun 2018, Kepolisian Resor (Polres) Tojo Una-Una (Touna) menggelar upacara di lapangan Mapolres Touna, Jalan Merdeka, Kelurahan Uemalingku, Kecamatan Ratolindo, Rabu (19/12/2018). 

Tema upacara 'Bela Negara Untuk Kemakmuran Rakyat', bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Wakil Kepala Kepolisian (Wakapolres) Touna Kompol Muhammad Jufri, SH. 

Sementara sebagai Perwira Upacara Iptu Reky PH. Moninung dan sebagai Komandan Upacara Ipda Kadek Agung Andiana Putra, SH yang dihadiri para Kabag, Kasat, Perwira serta personil Polres Tana Touna yang dimulai dengan mengheningkan cipta, dilanjutkan pembacaan Ikrar Bela Negara dan amanat bela negara dari Presiden RI Joko Widodo. 

Wakapolres Kompol Muhamad Jufri saat membacakan sambutan Presiden RI menyatakan, bahwa penetapan peristiwa bersejarah sebagai Hari Bela Negara merupakan penegasan bahwa bela negara sejak dulu telah memiliki konteks yang sangat luas. 

“Bela negara tidak hanya dilakukan dengan kekuatan fisik dan senjata semata, namun harus dilakukan dengan berbagai upaya dan profesi. Segenap aparatur baik sipil maupun militer yang sedang bertugas di pelosok tanah air sesungguhnya sedang melakukan bela negara. Merekalah yang telah membuat Repoblik ini bisa tetap eksis untuk hadir melayani rakyatnya ,” kata wakapolres dalam amanatnya. 

Wakapolres menegaskan, bahwa bela negara adalah kerja sama segenap elemen bangsa dan negara, bukan hanya pemerintah apalagi sekedar nomenklatur program instansi atau satuan kerja tertentu. Bela negara terutama adalah wadah peran dan kontribusi segenap komponen masyarakat, dunia usaha, dunia pendidikan, media hingga tokoh pemuda, tokoh agama, semua bisa dan wajib ikut serta sesuai dengan bidang profesi masing-masing. 

"Jadi tugas bela negara bukan tugas yang ringan dengan semakin kompleksnya tantangan yang dihadapi. Namun dengan sinergi antar segenap elemen bangsa indonesia, yang sipil, yang militer, yang menjalankan usaha, yang belajar dan mengajar, yang mewartakan berita, hingga yang menjadi teladan masyarakat, kita semua mampu membawa indonesia menjadi negara yang berdaulat, mandiri, adil dan makmur serta berkepribadian dalam kebudayaan,” tukasnya.**

Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN