Puluhan Sopir Travel di Touna Tes Urine

Dinas Perhubungan Touna melaksanakan tes urine dan pemeriksaan kendaraan di agen Po Touna Indah, Po Mitra Touna dan Terminal di Kabupaten Touna, Rabu (26/12/2018).

Reporter/Touna: Yahya Lahamu

Tim gabungan personil Satlantas Polres Tojo Una-Una (Touna) Bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Touna dan Dinas Perhubungan Touna melaksanakan tes urine dan pemeriksaan kendaraan di agen Po Touna Indah, Po Mitra Touna dan Terminal di Kabupaten Touna, Rabu (26/12/2018).

Sebanyak 24 sopir travel Po. Touna Indah dan Mitra Touna menjalani tes urine dadakan yang digelar oleh tim gabungan Satlantas Polres Touna, BNNK Touna dan Dinas Perhubungan  Touna.

Tes urine dadakan ditujukan bagi para sopir travel sebagai faktor penting untuk menjaga keselamatan penumpang dalam perjalanan di musim liburan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

"Tes urine dan cek kendaraan kami lakukan sebagai bagian dari Operasi Lilin Tinombala 2018 Polres Touna. Tes urine dan cek kendaraan guna menjamin keselamatan pengemudi dan penumpang," jelas Kapolres Touna AKBP Boyke Karel Wattimena, SIK melalui Kasat Lantas IPTU Suprojo, SH.

Suprojo mengatakan, hasil tes urine ini akan langsung diketahui setelah para sopir  travel dites urine. Apabila sampai ditemukan para sopir yang positif Narkoba dan kendaraan tak layak, pihaknya pun akan langsung berkoordinasi dengan instansi terkait.

"Apabila ditemukan, kami koordinasikan dengan instansi terkait untuk mengambil tindakan supaya sopir travel itu distrahatkan dan dilarang mengemudi," ujar dia.

Lanjut kata Suprojo, sampai operasi ini digelar  pihaknya belum menemukan sopir travel yang positif.
"Sedangkan untuk kendaraan yang telah dilakukan pemeriksaan, masih layak pakai. Surat-surat kendaraan juga lengkap," tambahnya.

Sementara itu Kepala BNNK Touna AKBP Djohansah Rahman melalui Plt Kasubag Umum BNNK Touna Mohamad Irham Ismail membenarkan langkahnya bersama kepolisian dan Dinas Perhubungan sebagai langkah untuk memberikan rasa aman kepada para penumpang.

"Tes urine mendadak terhadap para sopir travel ini dilaksanakan guna mengantisipasi penyalahgunaan Narkoba, " kata Irham.

Irham berharap tes urine ini  menjadi perhatian khusus kepada sopir travel yang akan membawa armada dan keselamatan para penumpangnya.

"Tes urine ini diharapkan akan menjadi perhatian serius bagi para sopir travel agar semakin memperhatikan keselamatannya dan keselamatan orang lain," ujar.

Irham menambahkan, dari hasil tes urine yang dilaksanakan oleh tim gabungan tidak ditemukan sopir yang menggunakan Narkoba.

"Jadi berdasarkan hasil tes urine yang kami lakukan baik sopir travel  Touna dan Mitra Touna semuanya negatif dari penyalahgunaan Narkoba, " pungkasnya.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN