Pusdatina Minta Data Pengungsi Difinalkan

'
Sumber: Biro humpro

MEMASUKI bulan ketiga pascabencana publik mulai mempertanyakan data pengungsi sesungguhnya, data warga terdampak bencana maupun kebutuhan untuk pemulihan nantinya.  Pusat Data informasi bencana (Pusdatina) yang dibentuk pemerintah provinsi masih terus lakukan validasi data.

Data bersumber dari kabupaten/kota terdampak bencana, 28 September 2018. Pusdatina menjadi penampungan data kemudian divalidasi untuk kemudian disajikan ke publik serta menjadi acuan pemerintah dalam mengeluarkan kebijakan penanganan pengungsi. 

Sekdaprov Mohamad Hidayat Lamakarate selaku Ketua Pusdatina menjelaskan Pusdatina masih terus lakukan validasi. Tim validasi Pusdatina dibantu NGO seperti OCHA terus lakukan validasi data dengan berkoordinasi dengan kabupaten/kota selaku sumber data. Menurut Sekda data ini penting untuk benar benar di validasi untuk memastikan akurasi data agar tidak terjadi ketimpangan dikemudian hari. 

Mengapa validasi dan penyajian terlambat, diakui Sekda semua data dari kabupaten/kota terdampak belum final. Pemerintah provinsi selaku pengendali penanganan bencana di provinsi sangat ingin segera memastikan data tersebut. Namun kepastian data kata Sekda harus benar-benar valid dari bawah. Mulai dari tingkatan RT, Keluarahan/Desa hingga ke tingkat atas kemudian divalidkan di tingkat provinsi. 

Untuk itu, Sekda meminta kabupaten/kota segera menyiapkan data yang benar benar siap by name by address untuk disajikan ke Pusdatina. 

"Kami ingin segera menyajikan data yang valid. Makanya Pusdatina berharap data dari kabupaten/kota benar benar data yang final untuk di publishing," harap Sekda. 

Saat ini menurut Sekda Masih banyak data dari tingkat kabupaten/kota yang sementara ini masih terus dikoreksi. Jangan sampai ada data yang diajukan ke Pusdatina misalnya:  jumlah KK sama dengan jumlah Jiwa. Berarti satu KK hanya dihuni satu orang. Jika kita diasumsikan satu KK ada empat jiwa, berarti akan ada selisih tiga di kali jumlah KK. Kalau ini terjadi ada warga yang tidak bisa tertangani karena ada kelebihan di situ. Tapi saat ini data ini sedang direvisi dilakukan perhitungan kembali di tingkat kabupaten. Ini smua yang sedang dirampungkan .**

Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN