Sosialisasi Indeks Demokrasi Indonesia


'
 Reporter/Donggala: Syamsir Hasan

NILAI Efesiensi serta efektivitas suatu sistim demokrasi, diukur melalui pola pengukuran yang jelas dan tepat sehingga dapat diketahui sejauh mana sasaran pada proses perjalanan suatu demokrasi.

Demikian sambutan Gubernur Sulawesi Tengah dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Donggala, Abraham,  pada pembukaan sosialisasi Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2018, di Kantor Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) kelurahan gunung bale Kecamatan Banawa, Kamis (6/12/2018).

Didampingi Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol)  Provinsi Sulawesi Tengah Fahrudin Yambas, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Donggala dan Kabid Statistik Sosial BPS Provinsi Sulawesi Tengah, Abraham mengatakan dalam menilai sejauh mana pelaksanaan suatu demokrasi digunakan, metode pengumpulan data indeks demokrasi indonesia yaitu pertama Kebebasan Sipil meliputi kebebasan berserikat dan kebebasan berkeyakinan. 

Kedua hak-hak politik meliputi antara lain hak memilih dan dipilih, pengambilan keputusan dan pengawasan pemerintah. Ketiga Institusi Demokrasi meliputi pemilu yang bebas, adil dan akurat. 

"Dengan gambaran ini, pemerintah daerah dapat memberikan prioritas pembangunan politik menurut indikator yang dianggap perlu. Untuk kepentingan inilah IDI disusun guna membantu pemerintah di dalam menyusun perencanaan pembangunan di bidang politik", jelasnya.

Lanjut disampaikannya Provinsi Sulteng saat ini giat mensosialisasikan tahapan pemilihan umum anggota DPR, DPD, DPRD serta Presiden dan wakil Presiden tahun 2019, sebagai suatu momentum yang sangat penting dalam rangka menentukan pemimpin yang amanah dan berkualitas bagi kelangsungan proses pembangunan.

Olehnya Gubernur berharap, melalui sosialisasi IDI dapat menghasilkan output yang berguna untuk menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat, dalam menyalurkan hak pilihnya kelak serta melalui kegiatan ini pula, ia berharap agar kita dapat menjalin sinergitas bersama dalam rangka menyukseskan pelaksanaan pemilihan umum tahun 2019 mendatang. 

Sementara itu, ketua panitia kegiatan Sahyun A. Singin, dalam laporannya mengatakan tujuan pelaksanaan kegiatan adalah untuk mengetahui sejauh mana pencapaian (IDI) di Provinsi Sulawesi Tengah. 

"Kegiatan sosialisasi berjumlah150 orang, terdiri dari unsur partai politik, instansi pemerintah daerah dan media massa. 

Agar pemaparan materi bisa disampaikan dengan baik, dalam kegiatan tersebut digunakan metode ceramah, diskusi  dan tanya jawab," ujarnya.
Turut hadir Pimpinan OPD Kabupaten Donggala.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN