Bupati Sigi Jamin Huntap Petobo Aman



Reporter: Firmansyah Lawawi
BUPATI Sigi Irwan Lapatta menjamin tanah milik masyarakat desa Ngata Baru seluas 117 hektar yang diberikan kepada pemerintah Kota Palu guna pembangunan Hunian Tetap (Huntap) aman dari konflik sosial maupun gesekan antar kedua wilayah.

"Untuk kemanusiaan, saya rasa penyerahan lahan seluas 117 hektar yang berada di Desa Ngata Baru untuk pembangunan Hunian Tetap warga Palu, khususnya Kelurahan Petobo tidak ada masalah. Insya Allah, mewakili warga masyarakat Sigi menjamin hal tersebut," ungkapnya pekan lalu.

Sebelumnya ungkap Irwan Lapatta, SK Gubernur Sulteng telah dikeluarkan terkait hal itu. Namun seiring perjalanannya, masih terdapat sedikit kendala. Namun setelah melakukan pertemuan bersaama camat, lurah, masyarakat Ngata Baru maupun Walikota Palu, semuanya sudah clear.

"Alhamdulilah, kemarin telah ditandatangani kesepakatan bersama tersebut," jelasnya.

Selain penandatanganan kesepakatan bersama, dalam menjamin  penguatan hukum antara kedua wilayah menurut Bupati Sigi, telah disampaikan kepada Gubernur Sulteng, serta Departemen Dalam Negeri.

Di tempat yang sama, kepala Bappeda Palu, Arfan menjelaskan, lahan alternatif pembangunan Huntap bagi warga Petobo, telah disepakati sebagai alternatif sebagaimana keinginan warga. Lahan-Lahan itu sudah diusulkan kepada Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) untuk selanjutnya diteruskan ke Bappenas RI. “Sudah dilakukan penandatanganan surat keterangan (SK) usulan," kata Arfan.

Bersamaan dengan itu, Pemkot Palu paparnya akan segera menginventarisir seluruh pemilik lahan rencana pembangunan Huntap tersebut. Seluruh nya akan diundang untuk mendengarkan presentase perencanaan terhadap lahan tersebut.

Sebab, lahan tersebut merupakan milik masyarakat. Berbeda dengan lahan yang telah dipersiapkan sebelumnya, menggunakan eks hak guna bangunan (HGB). Dengan kata lain, lahan alternatif itu berkonsekuensi adanya ganti rugi lahan.

"Untuk biaya ganti rugi lahan, kita  tidak punya dana. Olehnya, Kami berharap masyarakat ikhlas memberikan sedikit lahannya atas dasar  kemanusiaan juga," harapnya.**








Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN