.

.

Dipastikan, Jembatan Palu-2 Aman Dilintasi

.

Reporter: Firmansyah Lawawi

MESKI Beberapa bagian jembatan Palu-2 di Jalan I Gusti Ngurah Rai  yang menghubungkan wilayah Barat dan Timur Kota Palu mengalami keretakan. Namun masih aman digunakan warga yang melintas di jembatan tersebut.

Kepala Dinas PU Bina Marga Sulawesi Tengah Syaifullah Djafar mengatakan bagian jembatan yang rusak itu talud oprit dan wing wall yang hanya konstruksi tambahan saja, atau pelengkap. Talud oprit atau tembok penahan longsor dan sayap atau wing wall mengalami kerusakan akibat gempa bumi sebagaimana  yang beredar di media sosial.

“Masyarakat tidak perlu khawatir. Kami sudah cek dan ternyata aman untuk dilintasi,” terang Syaifullah, Rabu (2/1/2019).

Struktur utama jembatan, terang Syaifullah, terdiri dari beberapa bagian. Bangunan bawah atau disebut abutmen dan bangunan atas. Disamping struktur utama (bangunan bawah dan bangunan atas) terdapat konstruksi tambahan lainya, yaitu talud oprit dan wing wall.

Secara garis besarnya jelas Syaifullah struktur utama, atau komponen  yang memilik fungsi sebagai penopang berat kendaraan, meliputi bagian atas dan bawah  dari jembatan tersebut tidak mengalami kerusakan. "Intinya, jembatan 2 masih aman dilalui kendaraan," tegasnya.

Untuk menepis kekhawatiran masyarakat, Syaifullah mengatakan bahwa pihaknya akan segera memperbaiki kontruksi pelengkap jembatan 2 tersebut. "Insya Allah, hari ini juga kontruksi bangunan jembatan yang retak itu akan kami perbaiki," katannya.

Sebelumnya, kondisi jembatan Palu-2 tersebut meresahkan dan menjadi perbincangan hangat di grup WA, maupun media sosial beberapa hari lalu. Masyarakat meminta pemerintah, atau instansi terkait untuk meninjau dan memastikan jembatan itu masih layak serta aman untuk dilalui para pengguna jalan.**

Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN