Februari, Bawaslu Touna Rekrut Pengawas TPS


Reporter/Touna: Yahya Lahamu

JELANG Persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April mendatang, Bawaslu Tojo Una-Una (Touna) akan merekrut Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Hal itu disampaikan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Touna Drs. Abas saat ditemui dikantor Bawaslu Touna jalan Tadulako Kelurahan Ampana, Kecamatan Ampana Kota, Touna, Rabu (30/1/2019).

Abas mengatakan, untuk persiapan Pemilu 2019 akan melakukan perekrutan pendaftaran untuk Pengawas TPS.

"Untuk wilayah Kabupaten Touna dibutuhkan 524 Pengawas TPS yang akan ditugaskan satu orang satu TPS pada saat pemungutan dan perhitungan suara," kata Abas.

Lanjut, kata Abas, untuk pendaftaran akan dilakukan di Sekretariat Panwaslu kecamatan masing masing se Kabupaten Touna.

"Rencananya pelaksanaan penerimaan pendaftaran pengawas TPS dibuka dari tanggal 7  hingga 19 Februari 2019," ujarnya.

Terkait hal itu, kata Abas, pihaknya akan melaksanakan rapat bersama Panwascam se Kabupaten Touna untuk membicarakan terkait penerimaan pengawas TPS itu.

"Jadi Insyaalah Kamis (31/1/2019) besok (Hari ini Red) kami akan mengundang seluruh ketua dan Sekertaris Panwascam se Kabupaten terkait mekanisme penerimaan pengawas TPS tersebut, " ujar Abas.
Dijelaskannya, tugas dan fungsi Pengawas TPS sendiri memastikan pada saat pemungutan dan perhitungan suara berjalan dengan baik sesuai pedoman dan peraturan yang ada.

"Perlu kita jelaskan juga bahwa tugas Pengawas TPS ini bukan hanya bekerja di hari pemilihan saja, melainkan mulai dari pengawasan pendistribusian logistik," tuturnya.

Abas menambahkan, jadi Pengawas TPS juga bertanggungjawab untuk memastikan logistik Pemilu benar-benar sampai ke TPS tepat waktu.

"Selanjutnya memastikan proses pemungutan dan penghitungan suara berjalan dengan baik dan sesuai aturan berlaku," tambahnya.**

Share on Google Plus

0 komentar:

Posting Komentar

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN