.

.

Investasi Lampaui Target, DPM-PTSP Morowali Terbaik

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) yang dikepalai oleh Hj St Asmaul Ul Husna Syah, SE, MM, M.Si  sudah mampu mencapai target 

Reporter/Morowali: Bambang Sumantri

SEBAGAI tindak lanjut PP Nomor 18 tahun 2016, maka Badan Penanaman Modal merger dengan Kantor Perizinan untuk membentuk suatu lembaga Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) yang dikepalai oleh Hj St Asmaul Ul Husna Syah, SE, MM, M.Si (Bunda Mima) hingga sekarang.

Pembentukan DPM-PTSP sebagai perangkat daerah juga diperkuat dengan Permendagri Nomor 100 tahun 2016 tentang Pedoman Nomenklatur Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Dalam kurun waktu satu tahun, DPM-PTSP Kabupaten Morowali sudah mampu mencapai target yang luar biasa. Dengan sistem Online Single Submission (OSS) yang sedang digaung-gaungkan oleh Presiden Joko Widodo merupakan sistem perizinan berbasis teknologi informasi yang mengintegrasikan perizinan di daerah dan pusat dalam rangka mempermudah kegiatan usaha di dalam negeri.

OSS ini juga merupakan amanat dari Perpres Nomor 91 Tahun 2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha, maka tingginya realisasi investasi di Sulawesi Tengah tidak lepas dari kebijakan serta kemudahan berusaha yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Daerah Sulawesi Tengah, sehingga investor yang ada dapat merealisasikan rencana investasi yang mereka buat.

Realisasi Penanaman Modal berdasarkan 5 wilayah terbesar di Sulawesi Tengah adalah Kabupaten Morowali (Rp17,4 Triliun), Kabupaten Banggai (Rp2,7 Triliun), Kabupaten Poso (Rp1,5 Triliun), Kabupaten Morowali Utara (Rp311 Milyar)
Kota Palu (Rp260 Milyar).

Ini membuktikan bahwa realisasi investasi pada tahun 2017 telah melampaui target yang ditetapkan oleh BKPM RI secara naik hingga Rp22,5 Triliun. Pencapaian luar biasa ini menjadikan Kabupaten Morowali sebagai Kabupaten percontohan di Indonesia Bagian Timur khususnya di Provinsi Sulawesi Tengah.

Hj St Asma Ul Husna Syah, SE, MM, M.Si. sebagai Kepala Dinas mampu melampaui target investasi yang diberikan melalui MoU Provinsi Sulawesi Tengah sebesar Rp9,3 Triliun menjadi sebesar Rp17,4 Triliun pendapatannya.

Untuk menunjang program-program kerja, Dinas Penananman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Morowali membuat sebuah manuver berupa website e-speed (Elektronik Sistem Pelayanana Efektif Efisien Terpadu) dengan tampilan modern yang mudah dimengerti, e-speed ini tentunya akan mempermudah perizinan, uang biasanya izin 3 bulan, 3 hari menjadi 3 jam, didalam situs tersebut sudah tertera e-planning, e-budget.**

Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN