Lomba Desain Batik Motif Bangkep


Reporter: Pariaman Tambunan

PEMERINTAH Kabupaten Banggai Kepulauan menggelar lomba desain batik se Kabupaten Bangkep, Rabu (30/1/2019). Perlombaan desain batik tersebut di hadiri Plt Bupati H Rais D Adam, para team juri, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bagian Umum, Dinas Perindag, dan 8 peserta lomba desainer Batik.

Dalam sambutannya Rais Adam mengatakan bahwa semua peserta para desainer batik ini semuanya sudah sangat bagus. Mudah-mudahan desain batik yang dibuat oleh para peserta desainer ini masyarakat Bangkep bisa menerimanya dengan baik.

“Perlu saya sampaikan desain batik ini merupakan karya anak bangsa, nantinya desainer batik ini bukan hanya masyarakat Bangkep yang memakainya bahkan tingkat propinsi juga dan mudah-mudahan sampai ketingkat pusat Jakarta. Tinggal nantinya para lomba desainer apabila ada yang kurang-kurang sedikit agar di sempurnakan supaya para masyarakat peminat desainer batik ini betul-betul indah dilihat,” terangnya.

Lomba desain ini, lanjut Rais Adam, merupakan pemilihan tentu ada nomor satu, ada nomor dua, ada nomor tiga sampai dengan delapan.

“Jadi apabila peserta mendapatkan nilai kurang jangan ada yang kecewa, karena setiap perlombaan pasti ada yang kalah dan ada yang menang,” ujarnya.

Adapun Batik Peling Banggai Kepulauan terdiri dari 4 unsur dengan warna Hitam, Kuning ke emasan 1 Bambu peling simbol daerah Bangkep yang sering di sebut kepulawan peling mengingat aspek sejarah Bangkep merupakan salah satu kerajaan tertua. 2 Daun Ubi Banggai merupakan pakan khas Banggai menjadi primadona dengan lokal kab,Bangkep yang disebut BAKU. 3 Burung gagak peling merupakan burung Ebdemic sulawesi yang Langkah atau satwa langkah yang ada di dunia, satwa ini terdapat di desa Leme-leme darat kec, Buko. Pada tahun 2018 Bangkep mendapat Kalpataru (penghargaan) tertinggi oleh Presiden RI terhadap konservasi dan habitat lingkungan. 4 Bunga Matahari memiliki makna dan filosopi tersendiri bunga matahari tersebut memiliki arti kesetiaan karna penampang bunga ini selalu setia mengikuti arah matahari bahwa matahari memberikan kecerahan hidup.**

Share on Google Plus

0 komentar:

Posting Komentar

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN