MUI: Wujudkan Milenial Cinta Keselamatan Berlalu Lintas


Reporter: Ikhsan Madjido

MAJELIS Ulama Indonesia (MUI) Kota Palu, Sulawesi Tengah, mengajak masyarakat untuk memberikan pemahaman kepada generasi muda (milenial) dalam rangka meningkatkan pemahaman tentang tata tertib lalu lintas, sebagai upaya menumbuhkan kecintaannya terhadap keselamatan berkendaraan.

"Islam sangat menganjurkan agar setiap pribadi menjaga diri dan keselamatan jiwa dalam menjalankan aktifitas, sebagai khalifah di bumi ini," ucap Ketua MUI Palu, Prof  KH Zainal Abidin MAg, di Palu, Selasa (29/1/2019).

Pernyataan itu disampaikan KH Zainal Abidin MAg usai menerima kunjungan silaturahim Direktur Lalu Lintas Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah, Kombes Imam Setiawan dan rombongan, di kediaman-nya, Jalan Pue Bongo Kecamatan Tatanga, Palu.

Direktorat Lalu Lintas Polda Sulteng melibatkan Tokoh Agama Islam di Sulteng Prof KH Zainal Abidin dalam kegiatan bertajuk 'millenial safety road festival', yang akan dilaksanakan pada Maret 2019.

Prof Zainal Abidin yang merupakan salah satu tokoh Agama Islam di Sulawesi Tengah, itu mendukung langkah Polda Sulteng melalui Direktorat Lalu Lintas mengempanyekan keselamatan pengguna jalan dalam berkendaraan bertajuk 'millenial safety road festival'.

Ia mengemukakan, anjuran Islam terhadap setiap pribadi untuk menjaga keselamatan diri, salah satunya dilaksanakan dengan mengikuti aturan dan tata tertib berlalu lintas.

"Salah satu dengan mengikuti aturan dan petunjuk berlalu lintas d jalan raya, yang intinya agar dapat selamat sampai tujuan," kata Zainal Abidin.

Perisitwa lakalantas sering terjadi di Kota Palu dan beberapa daerah lainnya di Sulteng. Salah satu penyebab karena minimnya perhatian terhadap aturan dan tata tertib berlalu lintas.

Generasi muda atau remaja yang dikenal dengan sebutan generasi milenial, acap kali menjadi korban dalam peristiwa lakalantas.

"Generasi milenial adalah termasuk pengguna jalan raya. Mereka di harapkan bisa mengikuti petunjuk dan mau menjadi generasi yang taat aturan berlalu lintas," ujar Rois Syuria Nahdlatul Ulama Sulteng itu.

Ketua Dewan Pakar Pengurus Besar Alkhairaat itu mendukung  Direktorat Lalu Lintas agar melibatkan generasi milenial, remaja dan para siswa dalam kampanye keselamatan pengguna jalan bertajuk 'millenial safety road festival', agar semakin kecil kasus kecelakaan sehingga menjadi upaya menurunkan angka kecelakaan (zero accident/nol kecelakaan).

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulteng itu menghimbau kepada seluruh masyarakat dan tokoh agama lainnya untuk berpartisipasi menurunkan angka kecelakaan lalu lintas lewat kegiatan tersebut.

"Kita ingin mewujudkan masyarakat yang sadar dan cinta keselamatan berlalu lintas, ingin agar generasi muda, generasi milenial cinta keselamatan berkendaraan di jalan, menuju Indonesia gemilang," ucap KH Zainal Abidin.

Rektor Pertama IAIN Palu itu juga mengajak semua pihak untuk berperan meningkatkan kesadaran berlalu lintas, yang berujung pada stop pelanggaran, stop kecelakaan.

Share on Google Plus

0 komentar:

Posting Komentar

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN