Ngopi Pileg: Pileg Rasa Pilgub

.

OLEH: ANDONO WIBISONO

ANDA Pasti kenal Anwar Hafid yang akrab disapa AH. Tidak perlu saya urai sukses storinya. Sepuluh tahun jadi bupati di kabupaten ‘kaya’ potensi alam, kini menjajal panggung lebih luas namanya DPR RI. 

Tampilnya AH di panggung politik Sulteng (maknai dapil) dalam beberapa bulan mulai masif, sistemik dan terstruktur ‘mengobok-obok’ Pasigala. Ia kerap kali kedapatan kuli tinta baca khutbah di masjid kala sholat Jum’at di Donggala, Sigi dan Palu. Ia pun menurut informasi banyak menyisir kantung kantung suara Pasigala. 

Sebelumnya, AH juga tertangkap alat digital berada di Tolitoli dan Buol. Walau sesuai survei salah satu parpol nama Ketua Demokrat di dapil Buol Tolitoli belum signifikan. Masih di bawah Maman dan Syarifuddin Sudding. 

Dalam dua pekan ini, AH tak tanggung-tanggung pun intens bertemu tokoh tokoh Sulteng. Sebut saja Longki Djanggola dan Rusdi Mastura atau Cudi. 

Langkah bidak AH pada papan catur kali ini mirip strategi ‘Mencuri Kuda Troya’. Semua analis atau jurnalis sosial politik pasti mencermati ini. Manis dan cantik sekali. 

Bertemu dengan Longki pasti banyak yang mengaitkan dengan isu Wagub. Bertemu Cudi pasti soal Pilgub ke depan. Pun cara AH inilah sebenarnya peradaban politik ke depan yang mesti dibangun. Jangan Sombong ! Pererat tali dilaturahim. Soal ini pasti semua akui AH. 

Bisa jadi, AH pamit pada keduanya untuk masuk Pasigala plus Parigi Moutong. Tapi bisa jadi membangun derajat elektabilitasnya utk Pileg dan Pilgub. Semua bisa saja. Karena politik itu sisa lubang angin pun akan masuk untuk dapat merubah seketika. 

AH adalah potensi Demokrat Sulteng. Kader Demokrat paham itu. Ini bukan ‘kuda pateke’, liat Jagung babelok. AH benar benar politisi tangguh. Kuda pacuan yang bisa marathon. 

Terakhir saya menghirup udara politik yg sangat lurbi, cerdas dan indah. Tidak norak. Pun tidak sok-sokan. Saya berharap tokoh-tokoh yang lain pun mengairahkan cara cara politik demikian. 
Catatan saya; Ini Pileg rasa Pilgub. Dah itu dulu.** 


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN