.

.

Ngopi Pilpres: Prabowo ‘Minta’ Menang di Sulteng

.

OLEH: ANDONO WIBISONO

SIANG HARI INI, 8 Januari 2019 dijadwalkan dengan pesawat pribadi, calon Presiden (Capres) RI Prabowo Subianto berada di Palu. Tujuannya tak lain untuk berkunjung ke shelter pengungsian Kota Palu dan Kabupaten Sigi, menemui kader partai koalisi dan simpatisan serta relawan. Namun sebelum itu, Prabowo akan berziarah ke makam pendiri perguruan Al Khaeraat, Guru Tua. Kabar terakhir, Ketua Umum Sagaf Al Jufrie masih berobat di Jakarta.

Kepastian kedatangan Prabowo, saya dengar langsung dari Ketua DPD Gerindra Sulteng, Longki Djanggola Minggu (06/01/2019) di sekretariatnya. Menurutnya, Prabowo memang sudah lama dijadwalkan akan ke Palu. Namun, karena padatnya acara kampanye di beberapa daerah selalu tertunda. Tapi, karena batalnya acara debat Visi Misi Capres, Prabowo langsung memutuskan ke Palu.

Kedatangan Prabowo bukan kali pertama ke Palu. Bisa dibilang justru dapat dikatakan ‘sering’ Bahkan untuk kampanye Pilgub 2015 lalu, Prabowo pun datang ke Palu sekaligus meresmikan kantor Gerindra Sulteng di Jalan Elang Palu Selatan. Prabowo pun sempat menginap dan melepas jalan santai untuk pemenangan Longki – Sudarto di Teluk Palu.

Prabowo mahfum, Sulteng dalam berbagai ivent politik lokal partai besutannya selalu unggul. Konfigurasi parlemen di kabupaten/kota di Sulteng Gerindra juga masuk parpol papan atas. Pada Pilpres 2019, Prabowo pasti ingin Provinsi Sulteng raupan suara untuknya menang. Olehnya, kedatangan Capres pasangan Cawapres Sandiaga Uno ini juga bagian dari ‘pemberi semangat’ untuk kemenangannya.

Terus terang, data Pilpres 2014 lalu, Prabowo kalah dengan Jokowi di Sulteng. Hal itu karena faktor Jusuf Kalla yang memiliki politik identitas di Sulteng. Olehnya, tafsiran politisnya, kedatangan Prabowo kali ini sekaligus tantangan bagi parpol koalisi dan relawan untuk menang di Sulawesi Tengah.**




Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN