Rehab Lapak Pasar Manonda Rampung

.

Reporter: Firmansyah Lawawi

REHABILATASI Lapak pedagang di pasar Inpres Manonda Palu yang mengalami kerusakan akibat gempa bumi September silam telah rampung. "Saat ini, perbaikan lapak atau stand pedagang di pasar Inpres Manonda, seperti tempat penjual ikan. Telah selesai pengerjaannya oleh pemerintah," jelas Ketua DPRD Kota Palu, Ishak Cae, Selasa (8/1/2019).

Sebelumnya, ungkap Ishak Cae, para pedagang di pasar tersebut, enggan untuk berjualan di dalam. Mereka khawatir dengan kondisi tempat mereka berjualan, karena takut sewaktu-waktu gempa akan terjadi lagi. Sehingga para pedagang dalam mencari nafkah, berjualan di pinggir jalan.

"Para pedagang merasa trauma dengan kejadian gempa bumi yang terjadi beberapa waktu lalu. Apalagi bangunan tempat mereka berjualan mengalami kerusakan. Olehnya mereka memilih berdagang di luar pasar," jelasnya.

DPRD sendiri,  katanya,  telah berkoordinasi dengan pemerintah kota terkait hal tersebut. Dalam hal ini, pemkot masih memberi toleransi bagi mereka untuk berjualan di bahu jalan, sambil menunggu perbaikan infrastruktur bangunan pasar.

Namun saat ini, ucap Ishak Cae, pemerintah kota melalui instansi terkait telah rampung memperbaiki beberapa bagian bangunan yang mengalami kerusakan.

Olehnya, dia berharap kepada pedagang yang berjualan menggunakan bahu jalan, untuk kembali kedalam pasar.

"Koordinator pasar Inpres Manonda telah memberitahukan bahwa semua lapak dagangan yang terdapat di dalam pasar, telah selesai diperbaiki. Tinggal menunggu kapan waktunya melakukan koordinasi dengan pemerintah kota, untuk mengimbau pedagang agar kembali ke dalam pasar," katanya.

Dengan rampungnya perbaikan tersebut. Pemerintah berhak mengajak pedagang kembali ke tempat mereka berjualan. Karena kekhawatiran akan kondisi bangunan yang mereka tempati telah diperbaiki.

Tetapi lanjut Ishak Cae, pendekatan persuasif masih dikedepankan dalam menangani masalah tersebut. Mengingat psikoligis masyarakat kota Palu pasca bencana alam masih mereka terguncang. "Dalam hal ini akan dilakukan pendekatan persusif. Dalam artian, dilakukan imbauan maupun ajakan yang tidak menyinggung perasaan mereka. Suatu saat pasti mereka akan tergugah dengan sendirinya," katanya.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN