Rehab Puskestu Donasi Warga Bekasi Dimulakan

Bupati Kasman Lassa meletakkan batu pertama rehabilitasi puskemas pembantu (puskestu) di Desa Loli Pesua Kecamatan Banawa, Senin (7/1/2019).

Reporter/Donggala: Syamsir Hasan

BUPATI Donggala Kasman Lassa meletakkan batu pertama rehabilitasi puskemas pembantu (puskestu) di Desa Loli Pesua Kecamatan Banawa, Senin (7/1/2019).

Rehabilitasi puskestu itu merupakan donasi dari warga Kota Bekasi yang disampaikan langsung Wali Kota Bekasi, Dr Rahmat Efendi.

Bupati Donggala Kasman Lassa mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat Kota Bekasi yang sudah peduli dan meringankan beban masyarakat dan pemerintah Kabupaten Donggala.

“Alhamdulillah dari total 2,6 milyar yang didonasikan oleh masyarakat Kota Bekasi, Donggala mendapatkan 1 milyar lebih yang diperuntukan untuk merehab tiga puskesmas pembantu yang ada di Kecamatan Labuan, Kecamatan Sindue dan di Kecamatan Banawa tepatnya di Desa Loli Pesua yang rusak parah akibat gempa bumi dan tsunami 28 september 2018 lalu”, tuturnya.

Kepala Dinas Kesehatan Muzakir Ladoali menginformasikan pasca bencana yang terjadi 28 september 2018 lalu, hampir 68% fasilitas kesehatan masuk dalam kategori rusak berat.

Dinas Kesehatan beserta pemerintah Kabupaten Donggala telah melakukan pelayanan krisis kesehatan yang dibuka 1 x 24 jam dan update data ketingkat propinsi, serta melaporkannya ke Mentri kesehatan (Menkes),s etelah diberlakukannya kembali perpanjang tanggap darurat oleh gubernur Sulawesi tengah Longki Djanggola.

“Insya Allah setelah nanti diserahkannya bantuan kepada kami, maka dari puskesdes kami tingkatkan menjadi puskesmas pembantu sehingga mekanisme pelayanan dan peralatannya kami akan sesuaikan dengan standar puskesmas itu sendiri”, ungkapnya.

Sementara itu Wali Kota Dr Rahmat Efendi menyampaikan keprihatinannya akan musibah yang telah melanda Kota Palu, Sigi dan Donggala.

“Kedatangan kami di Kabupaten Donggala adalah mengemban amanah masyarakat Bekasi, yang menitipkan anggaran sebesar 2,6 milyar untuk korban bencana gempa bumi, tsunami dan likuifaksi”, ujarnya.

Untuk jumlah dana 2,6 milyar akan dibagi, 1 milyar lebih akan diberikan untuk Kota Palu yang diperuntukan pembangunan sekolah dasar. Kemudian 1 milyar lebih lagi diperuntukan pembangunan puskesmas pembantu yang ada di Kabupaten Donggala.

Pihaknya juga menyampaikan penghargaan atas sambutan hangat dari Bupati Donggala, Forkopimda, Pimpinan OPD dan masyarakat Kabupaten Donggala.**

Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN