Yang di Zona Merah, Berhak Huntap & Jadup


Sumber/Editor: Humpro Sulteng/Ikhsan Madjido

MASYARAKAT Yang kehilangan tempat tinggal akibat bencana alam dan masuk zona merah, berhak mendapatkan hunian sementara (Huntara) dan hunian tetap (Huntap) serta mendapatkan jaminan hidup (Jadup) selama 60 hari sejak menempati Huntara. Warga tersebut diminta pembuktian dengan menunjukkan surat kepemilikan atau surat keterangan dari pemerintah setempat.

Demikian antara lain poin utama pembahasan rapat finalisasi korban bencana Palu, Sigi, Donggala dan Parigi Moutong, yang dipimpin langsung Gubernur Sulawesi Tengah H Longki Djanggola, di ruang polibu kantor gubernur, Selasa (29/1/2019).

Poin lain yang dibahas seperti masyarakat yang rumahnya mengalami rusak berat dibuktikan dengan surat kepemilikan atau surat keterangan pemerintah setempat dan surat keterangan dari tim asesmen, berhak mendapatkan hunian sementara dan dana stimulan sebesar 50 juta serta mendapat jaminan hidup selama 60 hari sejak menempati hunian sementara.

Pembahasan yang penyerahannya paling lambat diterima gubernur dari Bupati yang daerahnya terdampak bencana sebelum wakil presiden tiba di Sulawesi Tengah tersebut, juga menyatakan bahwa masyarakat yang rumahnya mengalami rusak sedang dan rusak ringan dibuktikan dengan surat kepemilikan atau surat keterangan dari pemerintah setempat dan surat keterangan dari tim asesmen, berhak mendapatkan dana stimulan masing-masing maksimum 25 juta untuk rusak sedang dan maksimum 10 juta untuk rusak ringan.

“Sehubungan dengan poin di atas masyarakat yang berhak mendapat hunian tetap atau dana stimulan adalah pemilik rumah atau salah seorang ahli warisnya, dengan ketentuan bahwa setiap pemilik rumah hanya mendapatkan 1 unit hunian tetap atau mendapat dana stimulan untuk 1 unit rumah,” terang Longki.

Point lainnya bahwa ahli waris yang mendapatkan santunan duka dari pemerintah adalah ahli waris yang kehilangan anggota keluarganya karena meninggal dunia, yang dibuktikan dengan surat keterangan kematian dari pemerintah setempat dan yang terakhir masyarakat yang hanya mengontrak rumah tidak mendapatkan fasilitas apapun dari pemerintah.**

Share on Google Plus

0 komentar:

Posting Komentar

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN