.

.

Kodim 1307 Poso Resmikan SWK


Reporter/Poso: Ishaq Hakim

PEKAN Lalu Komando Distrik Militer (Kodim) 1307 Poso secara resmi membuka acara Saka Wira Kartika (SWK) dan diikuti dengan Kemah Bakti Penggalang dan Penegak se-Kabupaten Tojo Una-una di Kelurahan Uemalingku Kecamatan Ratolindo Sulteng, Jumat (15/2/2019).

Sebelumnya, kegiatan ini dilakukan upacara pembukaan dan bertindak selaku inspektur upacara Dandim 1307 Poso, Letkol Inf Catur Sutoyo.

Turut hadir dalam upacara pembukaan ini sejumlah pejabat Touna, Kapolres Touna, AKBP Boyke Karel Wattimena, Asisten III Pemda Touna, Kepala Kehutanan Provinsi, Firman S. Hut, Kasdim 1307 Poso, Mayor Inf. Iqbal Makmur, Danunit Kodim 1307 Poso, Lettu Jhoni Palandi dan Pasi Intel 1307 Poso, Kapten Inf. Ahmad Jayadi.

Dandim Catur Sutoyo dalam sambutannya menyampaikan, Saka Wira Kartika adalah Wadah kegiatan bagi Pramuka Penggalang dan penegak untuk meningkatkan kesadaran Bela Negara melalui pengetahuan dan keterampilan dibidang matra darat,  membentuk Patriot Bangsa yang setia, berbakti, dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa serta menjaga keutuhan NKRI.

"Matra darat dapat diartikan sebagai segala aktifitas dan kegitan yang dilakukan secara terorganisir perorangan ataupun kelompok yang memanfaatkan kondisi hutan, gunung, rawa, dan sungai," kata Catur Sutoyo.

Menurutnya, tujuan dari pramuka ini untuk memberi pendidikan dibidang matra darat melalui kegiatan nyata yang berguna bagi diri sendiri dan masyarakat, sesuai dengan kondisi wilayah masing-masing serta membentuk generasi muda yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan serta berjiwa satria guna menumbuhkan rasa cinta tanah air dan mempererat kebhinekaan demi keutuhan NKRI.

Sementara dalam kegiatan ini, para pelajar mengadakan pendidikan dasar berupa materi belajar soal navigasi darat, tali-temali survival yaitu tentang cara bertahan hidup dihutan, tentang mountenering atau cara melintasi, melewati rintangan-rintangan dan pembelajaran soal penanggulangan bencana alam. 

Dandim Letkol Inf Catur Sutoyo berharap, agar kegiatan ini dilaksanakan dengan baik, tidak ada unsur kekerasan ataupun balas dendam, dan para kakak pembina harus menjadi contoh teladan yang baik bagi adik-adiknya supaya menjadi generasi penerus yang lebih baik.**

Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN