KPU Banggai-Forkompinda Banggai Rakor Bahas Pemilu


Reporter/Luwuk: Imam Muslik

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banggai menggelar rapat koordinasi (Rakor) bersama forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kabupaten Banggai (1/2/2019) di aula KPU Banggai kompleks perkantoran bukit Halimun Kelurahan Bukit Mambual Kecamatan Luwuk Selatan.

Rakor yang mengambil tema Pemilu Sukses Tahun 2019 dihadiri Bupati Ir H Herwin Yatim, Wabup H Mustar Labolo, Ketua DPRD Syamsul Bahri Mang, Sekdakab, Kajari, Kapolres, Dandim 1308/LB, Ketua PN Luwuk, Ketua KPU dan jajarannya.

Ketua KPU, Zaidul Bahri Mokoagow memaparkan tentang pemaparan terkait Pelaksanaan Pemilu tahun 2019. Sedangkan Bupati Herwin intinya, menegasi bahwa Pemkab mendukung KPUD walaupun sebagai pribadi bupati, Wabup dan Ketua DPRD adalah partisan. Kedua, Herwin sangat mengharapkan bantuan jajaran Polres dan Kajari untuk turut serta mendukung pelaksanaan pemilu agar berjalan dengan aman, damai dan lancar. Herwin juga mengharapkan semua masyarakat dapat masuk ke dalam daftar pemilih. 

Sedangkan Ketua DPRD Bali Mang mengingatkan kerawanan ketika kotak suara bergerak dari TPS menuju ke kecamatan untuk dilaksanakan rekapitulasi. Misalnya, pada TPS terjauh di Boloa Doda jangan sampai ada kecurangan di tengah jalan supaya bisa melibatkan aparat keamanan untuk pengamanan logistik, terang Bali. Ia juga mengharapkan proses pengamanan logistik surat suara harus betul-betul aman. 

‘’Dan kami sependapat jika penyimpanan logistik di Gudang Polres demi menghindari kecurigaan yang berdampak negatif, karena saat ini terdapat 15 ribu pemilih yang belum terekam sehingga diharapkan ke depannya jangan sampai ada lagi sebuah desa yang masyarakatnya belum juga terdaftar, serta memberirahukan larangan mencantumkan logo pada alat peraga kampanye dan kami meminta keadilan terkait masalah pemasangan logo tersebut sehingga diharapkan kepada KPUD agar sekiranya bisa mengingatkan Bawaslu tentang aturan yg berlaku,’’ tandas Bali Mang serius. Sedangkan Wabup Mustar Labolo, berharap penyelenggaraan Pemilu berjalan aman dan tertib.

Giliran Kapolres memberikan saran antara lain pertama masa kampanye pihaknya sudah melakukan beberapa agenda, yang pertama melakukan pengamanan baik terbuka maupun tertutup. Kedua, Polres telah menggelar deklarasi pemilu damai. Ketiga, melakukan silaturahmi baik dilakukan sendiri oleh Kapolres dan jajaran Babinkamtibmas kemudian juga bersinergi pihak Kodim dan Babinsa. Keempat, gedung yang akan digunakan untuk penyimpanan logistik surat suara telah lengkapi dengan CCTV.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN