.

.

KPU Touna Ajak Wabin Gunakan Hak Pilih


Reporter/touna: yahya lahamu

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) melakukan sosialisasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Ampana, Kamis (14/2/2019).

Sosialisasi yang dipimpin langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Touna Dirwansyah Putra diikuti kurang lebih 100 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan pegawai Lapas Klas IIB Ampana.

Ketua KPU Kabupaten Touna Dirwansyah Putra mengatakan, sosialisasi ini dimaksudkan untuk memfasilitasi dan menyelamatkan hak WBP Lapas Klas IIB Ampana. Karena mereka juga punya hak memilih.

"Hari ini kami KPU Kabupaten Touna telah melakukan sosialisasi kepada Warga Binaan Pemasyarakatan. Penghuni lapas harus kita fasilitasi (KPU Touna RED) ,” kata Dirwansyah Putra saat ditemui di Lapas Klas IIB Ampana setelah selesai sosialisasi, Kamis (14/2/2019).

Dirwansyah menjelaskan, dalam sosialisasi tersebut, pihaknya menjelaskan terkait surat suara yang akan diterima oleh WBP.

"Ya materinya standar, kami jelaskan kalau besok 17 April 2019 ada Pemilu serentak. WBP bisa memanfaatkan hak pilihnya. Nantinya akan mereka menerima lima jenis suara yakni surat suara untuk DPRD kabupaten/kota, DPR, DPD, hingga calon presiden dan wakil presiden," jelasnya.

Lanjut Dirwansyah, dalam kesempatan itu kami juga menyampaikan  kalau tidak semua warga binaan menerima lima surat suara. Kalau warga binaan yang berasal dari luar Provinsi Sulawesi Tengah hanya mendapat surat suara untuk memilih presiden dan wakil presiden saja.

“Selain itu, kami  juga mengajak WBP untuk memanfaatkan hak pilihnya, agar dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu. Karena KPU Kabupaten Touna nantinya akan memfasilitasi WBP dengan menyediakan tempat pemungutan suara (TPS) khusus,” tambahnya.

Sementara itu Kalapas Klas IIB Ampana Amry melalui KPLP Samuda menyampaikan bahwa pihaknya sangat menyambut baik apa yang dilakukan oleh pihak KPU Kabupaten Touna dalam rangka memfasilitasi dan menyelamatkan hak WBP Lapas Klas IIB Ampana.

“Kami atas nama pimpinan mengucapkan terima kasih atas kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan oleh pihak KPU, yang mana telah memberikan pengetahuan bagi kami (pegawai Lapas RED) dan warga binaan terkait Pemilu serentak 17 April 2019,” tukasnya.**

Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN