Penyaluran PIP Palu Bertahap



Reporter: Firmansyah Lawawi
PENYALURAN Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP)  bagi siswa SD, SMP hingga SMU di kota Palu berasal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dilakukan secara bertahap. Demikian kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Palu, Ansyar Sutiadi, Senin (18/2/2019) usai pelaksanaan Musrembang di kantor Camat Palu Selatan.

"Hingga saat ini proses penyalurannya sudah memasuki tahap ke empat belas. Pencairannya sementara berlangsung di bank BRI," jelas Ansyar Sutiadi.

Kriteria untuk mendapatkan bantuan dana dari Kemendikbud tersebut, menurut Ansyar melalui Data Pokok Pendidikan (Dapodik) yang ada di setiap sekolah di kota Palu.

"Semua siswa yang terdaftar dalam Dapodik sekolah akan mendapatkan bantuan Program Indonesia pintar. Nilainya bervariasi. Mulai dari Rp.225 ribu hingga Rp.450 ribu. Terhitung dari jenjang kelas," paparnya.

Bagi siswa yang belum terdata dalam Data Pokok Pendidikan di sekolahnya masing-masing, dirinya mengaku tidak bertanggung jawab dalam hal tersebut.

Program tersebut, lanjut Ansyar Sutiadi telah berlangsung sebelum bencana alam yang diperuntukan bagi siswa yang kurang mampu. Dengan merujuk kepada data terpadu, atau PNP2K.

Namun seiring terjadinya bencana alam 28 September silam. Datanya diperluas. Dengan menyasar siswa di kota Palu. Tapi kata Ansyar, siswa yang sebelumnya telah mendapatkan bantuan tersebut. Tidak akan mendapatkanya dalam tahap berikutnya.

Untuk penyaluran bantuan Program Indonesia Pintar di tahap empat belas, bagi siswa Sekolah Dasar (SD) berjumlah 28.000 lebih. Sebelumnya sebanyak 8.000 lebih. "Total peserta didik di kota Palu saat ini, berjumlah 32.000 siswa," sebut Ansyar Sutiadi.**





Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN