Yang Relokasi, Tidak Dapat Dana Stimulan


Reporter: Ikhsan Madjido

DANA Stimulan bagi korban bencana Sulteng yang rumahnya rusak atau hilang serta santunan bagi korban meninggal dunia akan dicairkan mulai minggu pertama Februari 2019.

Namun untuk korban yang direlokasi tidak akan mendapatkan dana tersebut.mereka mendapat huntara, huntap dan jaminan hidup (jadup).

“Rumah hilang tidak menerima stimulant, otomatis akan digantikan. Cuma ini rusak ringan, rusak berat kalau dia di daerah patahan, musti direlokasi, berarti dia tidak menerima stimulan. Sehingga data ini harus di verifikasi lagi, misalnya rusak ringan tapi akan direlokasi, rusak sedang akan direlokasi atau tidak. Rusak berat akan direlokasi atau tidak. Yang mau direlokasi akan dikeluarkan, yang tidak itu akan diberikan dana stimulan, bersama pusat akan dipilah lagi dulu oleh tim assessment,” kata Asisten Perekonomian dan Kesra, Bunga Elim Somba, usai mengikuti rakor tertutup percepatan rekonstruksi pascagempa Palu, Sigi, Donggala dan Parigi Moutong, Kamis (31/1/2019).

Untuk relokasi sudah ditetapkan Gubernur yaitu di Tondo, Talise dan Duyu Kota Palu, sedangkan Sigi di Desa Pombewe.

Terkait permintaan masyarakat Balaroa dan Petobo agar direlokasi di dekat wilayahnya, kata Elim, gubernur minta bapenas dan BMKG memeriksa apakah Balaroa atas itu layak. Begitu pun Petobo atas. Sesuai usulan masyarakat. Kalau surveynya aman, baru gubernur menunjuk penlok, baru akan dibangunkan disana.

“Baru Kelurahan Duyu yang clear, sekitar 41 hektar. Pak Wapres sudah melakukan peletakan batu pertama pembangunan Huntap di Duyu,” tukas Elim.**

Share on Google Plus

0 komentar:

Posting Komentar

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN