.

.

Belum 6 Bulan, Kasman Lantik Pejabat


  Ini alasannya
Reporter/Donggala: Syamsir Hasan
BUPATI Donggala Kasman Lassa melantik dan mengambil sumpah 400 pejabat setingkat II, III dan IV di lingkungan Pemerintah Kabupaten Donggala, Senin (4/3/2019), meski belum enam bulan resmi dilantik.

Pelantikan dan pengambilan sumpah sejumlah pejabat tersebut digelar di halaman rumah jabatan bupati Donggala (Rujab).

“Pelantikan hari ini dalam rangka melanjutkan usulan yang sudah dilakukan," ungkap Kasman Lassa setelah pelantikan.

Kasman sendiri baru dilantik pada 16 Januari 2019 lalu.

Menurut Peraturan Mendagri (Permendagri) Nomor 73 Tahun 2016 tentang Pendelegasian Wewenang Penandatangani Persetujuan Tertulis untuk Melakukan Penggantian Pejabat di Lingkungan Pemerintah Daerah, Gubernur atau Wakil Gubernur, Bupati atau Wakil Bupati, dan Walikota atau Wakil Walikota dilarang melakukan penggantian pejabat 6 (enam) bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai dengan akhir masa jabatan kecuali mendapat persetujuan tertulis dari Menteri.

“Gubernur, Bupati, atau Walikota yang akan melakukan penggantian pejabat di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi atau Kabupaten/Kota, dalam jangka waktu 6 (enam) bulan terhitung sejak tanggal pelantikan harus mendapat persetujuan tertulis dari Menteri,” demikian bunyi Pasal 2 ayat (2) Permendagri tersebut.

Bupati Donggala mengatakan persetujuan pelantikan oleh kemendagri telah melalui sejumlah prosedur dan pertimbangan. Salah satunya mendesak untuk pengisian jabatan yang kosong, mulai dari eselon II, staf ahli, dan seterusnya. 

"Misalnya jabatan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah Kabupaten Donggala, staf ahli pemerintahan dan hukum politik yang dulunya dijabat oleh dr. Anita B Nurdin yang sudah pensiun. Jabatan ini sifatnya urgen untuk segera diisi. Begitu juga dengan kekosongan di bidang dinas yang lain", sebut Kasman Lassa.

Kasman berharap adanya pergeseran ditingkat eselon II maupun eselon III harus menjadi motivasi pejabat tersebut untuk bekerja dengan baik.

Dia kembali menginggatkan kepada para pejabat terkait pentingnya sikap loyal terhadap atasan. Pasalnya menjadi seorang pejabat tidak harus cerdas, namun juga harus loyal.

"Yang terpenting itu adalah loyal kepada atasan, karena ada pejabat yang suka keluar kota tapi tidak pernah izin kepada atasan, ini bagaikan dari sikap yang tidak loyal,” tegasnya.

Tercatat ada 8 pejabat eselon II yang dilantik dihalaman rumah jabatan bupati donggala (rujab) senin sore kemarin, beberapa diantaranya ialah:

Kasat Pol PP Haidar dilantik menjadi staf ahli pemerintahan hukum dan politik dan Haidar Kasat Pol PP digantikan oleh Dudi Utomo Adi yang menjabat Kasat Pol PP.

Hatta mejabat Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah, mengantikan Rahman L Lugu yang sudah pensiun

Dra.Lutfiah Mangun dilantik menjadi staf ahli Kemasyarakatan dan sumber daya manusia, sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan digantikan oleh Abraham yang sebelumnya menjabat sebagai Asisten I Pemerintah Kabupaten Donggala.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN