Honor Proktor Tergantung Manajemen Kepsek


Reporter: Yohanes Clemens

KEPALA Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Tengah (Sulteng), Drs H Irwan Lahace MSi, angkat bicara soal adanya keluhan dari beberapa kepala sekolah (kepsek). 
Sebelumnya diketahui bahwa Kepsek Sekolah Menengah Atas (SMA), mengeluh dan pusing soal dana yang akan dibayar untuk petugas honor proktor dan teknisi ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Kepsek bingung apakah dana tersebut akan diambil dari dana BOS atau dana lain.
Tahun ini dana BOS tidak mengalokasikan pembayaran honor proktor dan teknisi UNBK.
Olehnya Kadis Pendidikan Sulteng, Drs Irwan Lahace, saat ditemui media ini di ruang kerjanya, Selasa (5/3/2019)  mengatakan soal honor proktor dan teknisi UNBK ada beberapa sumber dana. Dana tersebut ada yang dari dana bos dan ada juga dari dana sekolah, yakni dana bantuan sumbangan.
Dana bantuan sumbangan tersebut berlaku khusus sekolah yang ada di kota Palu. “Dimana ada dari pergub Nomor 10 Tahun 2017 ada namanya disitu pungutan bantuan sumbangan. Bisa di ambilkan dari situ, tinggal dari Kepala Sekolah untuk mengatur manajemenya,” jelas Irwan Lahace

Jika memang, lanjut Irwan, dari sumber dana itu tidak bisa diapa-apakan pasti tidak jalan. Sebab, memang jika didana BOS itu sudah ada menunya, sekian persen untuk dana belanja. Misalkan pengadaan komputer dan belanja untuk guru honorer.

Namun ada peluang untuk bantuan sumbangan itu, pungutan itu diambil dari sekolah. "Itu sekolah yang memungut, apalagi jika sekolah jumlah siswanya banyak sampai seribuan, itu bisa diambilkan dari situ, sekolah harus paham menu yang ada, kasian proktor jika tidak dibayar. Tapi saya yakin SMA, SMK, tidak terlalu banyak mengeluh, sebab ada bantuan sumbangan," cetusnya.

Proktor dan teknisi adalah petugas ujian nasional berbasis komputer yang menentukan jalannya pelaksanaan ujian di sekolah/madrasah.

Secara umum  tugas proktor adalah mengopratori server UNBK sehingga dapat menyediakan soal-soal tampil di komputer klien. Teknisi membantu jika terjadi gangguan teknis seperti komputer mati, jaringan klien tidak terhubung ke server dan lainnya.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN