Kandang Komunal Sapi di Sausu Torono Difungsikan


Sumber: Humas Parmout

WAKIL Bupati (Wabup) Parigi Moutong H. Badrun Nggai, SE mengresmikan pengfungsian kandang Komunal sapi bantuan program sosial Bank Indonesia (BI) kepada kelompok Tani Karya bersama Desa Sausu Torono Kecamatan Sausu, Senin (4/3/2019).

Kandang Komunal sapi kelompok tani karya bersama memiliki 37 ekor sapi yang berjenis Brangus, brahman, semental, rambon, PO dan limusin.

Kepala perwakilan BI provinsi Sulawesi Tengah Miyono mengatakan kandang komunal sapi ini bertujuan untuk memberikan motifasi kepada petani dan peternak agar bisa meningkatkan produktifitasnya juga meningkatkan keilmuannya untuk itu kita gandeng Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP).

"Kami merencanakan tempat ini menjadi kawasan wisata terintegrasi yaitu kawasan agrowisata organik sehingga selain sehat juga diharapkan bernilai ekonomis yang tinggi,” katanya.

Lebih lanjut Miyono mengatakan setelah peresmian ini petani yang ada di desa sausu torono akan dilengkapi rumah pengolahan pupuk sehingga pengetahuan petani didesa torono ini akan lebih baik

"Sekitar akhir bulan april para petani yang  ada di sausu torono juga disulteng akan melakukan studi keKota Malang untuk belajar agrowisata dan belajar pengolahan kandang karena disana banyak petani seperti ini,” ujarnya.

Sementara itu Wabup mengatakan dengan adanya bantuan ini akan menjadi tanggung jawab bersama untuk menjaga dan mengelolah pembangunan kandang ini dengan sebaik-baiknya."Saya yakin dengan bantuan ini masalah ternak sapi di bagian selatan parigi moutong khususnya kecamatan sausu dapat teratasi," ungkapnya.

Selain itu wabup mengatakan pembangunan kandang komunal sapi kepada kelompok tani karya bersama ini sangat penting untuk dilakukan guna mengantisipasi pengembangbiakan dan produktivitas hasil dari ternak.

"Olehnya saya berharap dengan pembangunan kandang ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya serta dapat dilakukan ekstra pengawasan yang optimal sehingga pengelolaan ternak dan kebersihan kandang tersebut bisa terjaga," pintanya.

Selain wabup menghimbau kepada seluruh masyarakat desa Sausu Torono agar selalu berkoordinasi dengan dinas peternakan dan kesehatan hewan untuk menjaga kelangsungan hidup ternak dapat terjaga kebersihan maupun kesehatannya.

Dalam peresmian tersebut dilaksanakan nota kesepahaman BI dan kelompok tani karya bersama dan penandatanganan prasasti peresmian program Sosial BI. Selanjutnya Badrun Nggai dan Miyono melaksanakan gunting pita sebagai tanda difungsikannya kandang komunal sapi di Sausu.**

Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN