Mall Tatura Palu Siap Dibangun Kembali


Reporter: Yohanes Clemens

MALL Tatura Palu Sulawesi Tengah (Sulteng) yang merupakan kebanggaan masyarakat Sulteng akan kembali dibangun. Hal tersebut dikatakan Direktur PT Citra Nusa Elok (CNE), Muhammad Memet, kepada beberapa media belum lama ini.

Direktur PT CNE, menjelaskan, dalam pembangunan nantinya, bangunan Mall Tatura akan diperluas hingga 12 ribu meter persegi, dan jumlah bagunannya menjadi lima lantai. 

Selain itu lanjut Muhammad Memet, ornamen dari banggunan Mall Tatura Palu akan mengadopsi kearifan lokal daerah sulawesi tengah (Kota Palu).

"Dalam hal ini kami akan berkoordinasi dengan Walikota dan Dewan Kota guna menentukan kearifan budaya Sulteng, mana yang cocok untuk diterapkan pada ornamen-ornamen bangunan Mall Tatura agar terlihat bercorak tradisional, namun bergaya moderen," ujar Direktur CNE.

Olehnya, pengelola Mall Tatura Palu PT Citra Nusa Elok (CNE), suda mulai membongkar sisa bagunaan Mall Tatura Palu Sulteng pasca dihantam gempa bumi 28 september 2018 silam, untuk selanjutnya dibangun kembali.

"Pembongkaran sisa rerentuhan Mall Tatura itu akan dilaksanakan pada tanggal 12 Maret 2019 dan ditargetkan selesai dalam waktu tiga bulan.

Upaya mempercepat pembongkaran reruntuhan Mall pertama di Sulteng itu untuk menghilangkan trauma tragedi 28 september lalu bagi Warga Kota Palu dan sekitarnya."

"Sebab, letak Mall Tatura tepat berada dijantung Kota. Perhatian masyarakat akan selalu tertuju pada Mall yang hampir ambruk tersebut. Hal ini juga mempercepat proses pemulihan trauma psikologi masyarakat, sehingga rasa terauma tersebut tidak akan terbayang kembali dengan pembongkaran Mall Tatura," ungkapnya.

Sehingga, saat proses pembongkaran pihak kami akan melakukan uji kekuatan struktur tanah (Sondir) termaksud mengukur kedalaman air terdalam dibawa bangunan sekaligus melakukan uji geolistrik, sebuah metode explorasi geofisika untuk menyelidiki keadaan bawah permukaan dengan menggunakan sifat-sifat kelistrikan bantuan. Sebab, pembanggunan mall Tatura nantinya akan diupayakan berkontruksi tahan terhadap goncangan gempa.

"Maka untuk total biaya rekontruksi belum bisa kami sampaikan saat ini dan akan kami informasikan, mohon teman-teman media bersabar," cetus Direktur CNE itu.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Posting Komentar

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN